Program Generasi Sehat dan Cerdas, Pemdes Parit Baru Anggarkan Rp200 Juta

Kubu Raya

Editor Andrie P Putra Dibaca : 200

Program Generasi Sehat dan Cerdas, Pemdes Parit Baru Anggarkan Rp200 Juta
Satuan Kerja GSC Pusat saat melakukan kunjungan ke Desa Parit Baru, Kamis (15/3). (SP/Jaka)
KUBU RAYA, SP - Pemerintahan Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, tahun ini menganggarkan Rp200 juta melalui Dana Desa untuk menjalankan program Generasi Sehat dan Cerdas (GSC).

Kepala Desa Parit Baru, Musa menuturkan hal ini berdasarkan surat edaran dari pemerintah pusat yakni Kementerian Desa dan Pengembangan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi (Kemendes PDT dan Transmigrasi)  agar desa dapat mengintegrasikan program GSC melalui dana desa.

"Kami sangat menyambut baik program ini, karena persoalan pendidikan dan kesehatan ini juga dituangkan dalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2016 tentang desa, sehingga harus kita akomodir di dalam APBDes kita," kata Musa usai menerima kunjungan dari Satuan Kerja (Satker) GSC pusat di Kantor Desa Parit Baru, Kamis (15/3).

Sekretaris Apdesi Kubu Raya ini  menilai, program GSC merupakan program dari pemerintah pusat  yang sangat tepat sasaran, dan cukup membantu warga yang tergolong kurang mampu terutama untuk pendidikan dan kesehatan. 

"Seperti bantuan berupa seragam sekolah dan perlengkapan sekolah lainnya, dengan tujuan mengakomodir anak-anak di desa yang kurang mampu agar tetap bisa mengenyam pendidikan yang layak," ujarnya.

Untuk di bidang kesehatan kata dia, di Desa Parit Baru juga sudah didirikan sebanyak 11 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Staf Teknis GSC Pusat, Hardian Afrianto menuturkan, Desa Parit Baru merupakan satu diantara desa yang ada di Kubu Raya  yang dilakukan peninjauan oleh pihaknya. Agar desa yang teah menjalankan program-program GSC terus dapat menjalankan meski di tahun 2018 ini program GSC akan berakhir.


"Program boleh berakhir, namun kegiatan GSC , masih bisa dialnjutkan," kata dia.

Dia mengapresiasi Desa Parit Baru yang telah berperan aktif dan berintegrasi dengan baik untuk menjalankan program GSC, bahkan di tahun ini dianggarkan sebesar Rp200 juta.

"Ini sangat luar biasa, jika dibandingkan dengan desa-desa lain yang pernah kami kunjungi, mereka masih kesulitan untuk mengintegrasikan program-program GSC ke dalam perogram-program desa," ujarnya. (jek)