Odang Jamin Pembangunan Jembatan di Sungai Bulan Skala Prioritas

Kubu Raya

Editor Andrie P Putra Dibaca : 127

Odang Jamin Pembangunan Jembatan di Sungai Bulan Skala Prioritas
Jembatan Sungai Bulan yang roboh beberapa waktu lalu. (ist)
KUBU RAYA, SP - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kubu Raya, Odang Prasetyo mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih mengkaji pembangunan tujuh jembatan di Desa Sungai Bulan dan satu jebatan di Desa Sungai Asam, yang beberapa lalu ambruk diterjang arus. 

Namun Odang memastikan, pembangunan tujuh jembatan tersebut tetap menjadi prioritas untuk dilbangun secepatnya. 

"Terkait dengan pembiayaan, untuk jembatan di Sungai Asam sudah dirancang. RAB nya juga lagi dibahas secara intensif secara gabungan oleh bina marga, cipta karya dan UPJJ di Dinas PUPR," kata Odang, kemarin.

Sementara, tujuh jembatan di Sungai bulan kata Odang juga masih dilakukan pemilahan, untuk menentukan mana pembangunan jembatan yang menjadi kewenangan pemerintah mabupatan dan mana yang menjadi tanggung jawab pemerintah desa. 

"Tetapi yang pasti, ada satu jembatan di Desa Sugai Bulan itu yang memang betul-betul statusnya menjadi kewenangan kabupaten. Sehingga kita saat ini sedang merancang desainnya dan membuat RAB nya. Anggaran pembangunannya menggunakan anggaran tanggap darurat," matanya. 

Kemudian lanjut Odang, ada dua jembatan lagi di Desa Sungai Bulan tersebut sampai saat ini masih dikaji soal stutas penanganannya. "Kita minta waktu untuk menentukan apakah status dua jembatan itu punya kabupaten atau desa," ucapnya.

"Tetapi dalam waktu dekat,  sudah ada keputusan. Kemudian empat jembatan lainnya di Sungai Bulan itu, sudah pasti menjadi kewenangan desa," pungkasnya. (abd)