Pariwisata Jadi Program Unggulan Tahun Depan, Pembangunan Dilakukan Bertahap

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 69

Pariwisata Jadi  Program Unggulan Tahun Depan, Pembangunan  Dilakukan Bertahap
PANTAI- Keindahan Pantai Tengkuyung di Desa Sungai Nibung, Kecamatan Teluk Pakedai Kabupaten Kubu Raya, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memprioritaskan pengembangan sektor pariwisata ditahun 2019 mendatang, bahkan menjadi program unggulan. (Net)
Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memprioritaskan pengembangan sektor pariwisata ditahun 2019 mendatang, bahkan menjadi program unggulan.

SP - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kubu Raya, Yusran Anizam mengatakan,  pengembangan sektor pariwisata Kubu Raya menjadi satu diantara program prioritas di tahun 2019 mendatang.

"Jadi,  pariwisata ini menjadi program unggulan di tahun depan,"kata Yusaran Anizam belum lama ini.  

Menurutnya, kawasan wisata di Kubu Raya sudah di tetapkan zonasinya dalam rancangan tata ruang wilayah (RTRW)  Kubu Raya. Letak kawasan wisata itu ada di lima Kecamatan, diantaranya di Kecamatan Kakap,  Teluk Pakedai, Kubu Dan Kecamatan Batu Ampar. 

"Pengembangan sektor pariwisata ini sudah ada master plan nya, " terangnya.  

Ia menegaskan, Khusus potensi ekowisata mangrove, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, bekerjasama dengan sejumlah Non-Governmental Organization  (NGO) atau organisasi non kepermerintahan khususnya dibidang lingkungan, dalam melakukan pengelolaan pengembangannya. 

"Termasuk pengembangan Pantai Tengkuyung yang ada di Teluk Pakedai, kita juga bermitra dengan NGO permerhati lingkungan, ini sudah berjalan," katanya. 

Yusran mengklaim, potensi destinasi wisata yang dimiliki Kubu Raya relatif lengkap. Mulai dari pantai, mangrove, wisiata cagar budaya, wisata religi  hingga desa wisata. 

"Destinasi cagar budaya kita itu, sementara ada makam raja kubu,  dan makam guru besar Ismail Mundu yang berada di Teluk Pakedai.  Ini sedang dibahas raperdanya oleh lehgeslatif dan eksekutif,"ungkapnya. 

Ia menambahkan, dalam melakukan pengembangan pariwisata, memang tidak bisa dilakukan dengan serta merta. Karena, pembangunan wisata tentu mememlukan anggaran yang tidak sedikit. Terlebih,  saat ini anggaran daerah masih fokus terhadap pembiayaan pembangunan kebutuhan dasar masyarakat, yang meliputi pembiayaan pembangunan infrastruktur jalan, pendidikan, dan infrastruktur kesehatan.

"Sebab it,  pembangunan pengembangan sektor wisata ini mesti dilakukan secara bertahap,"katanya. 

Kendati demikian, ia meyakini, sektor pariwisata Kubu Raya, akan berkembang sesuai dengan target perencanaan program strategis daerah. Sektor pariwisata sangat berpengaruh dalam membantu percepatan pembangunan. 

"Jika sektor pariwisata Kubu Raya ini bisa terbangun,  tentu akan berdampak positif terhadap kemajuan perekonomian masyarakat dan daerah," pungkasnya. (abdul halikurrahman/jek)