Hermanus: Desa Segera Siapkan Perdes APBDes

Kubu Raya

Editor Andrie P Putra Dibaca : 140

Hermanus: Desa Segera Siapkan Perdes APBDes
Wabup Kubu Raya, Hermanus menyerahkan draf dana desa. (SP/Abdul)
KUBU RAYA, SP - Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus serahkan draf Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) kepada Camat se-Kubu Raya, Rabu (26/4) kemarin. 

Selanjutnya, draf DD dan ADD tersebut akan kembali diserahkan oleh para camat ke masing-masing desa. Penyerahan draf DD dan ADD tersebut merupakan tanda bahwa, dana desa tahap satu sudah siap disalurkan. 

Hermanus menjelaskan, penyaluran dana desa tahap satu, dapat dilaksanakan apabila Bupati sudah menerima semua dokumen persyaratan penyaluran dari pihak desa. 

Persyaratan mutlak yang harus dipenuhi desa untuk proses transper dana desa tahap satu kata Hermanus yakni, Perdes APBDes serta laporan realisasi penyerapan dan capaian DD tahun sebelumnya dari kepala desa 

Hermanus mengungkapkan, berdasarkan informasi dari BPK bahwa, sampai saat ini masih ada sekitar 35 Desa yang belum menyampaikan laporan realisasi penyerapan  capaian DD tahun 2017. 

Oleh sebab itu, dia minta desa yang bersangkutan segera melaporkan capaian DD tersebut supaya dana desa tahap satu ini bisa segera disalurkan secara seratus persen. 

"Kita sudah siap salurkan. Tetapi desa juga harus lengkapi dulu Perdes APB-Des nya, serta menyelesaikan laporan pertanggung jawaban penggunaan DD di tahun sebelumnya," imbaunya. 

Menurutnya, Dana Desa tahap satu dari Kementerian Desa, telah ditrasnfer ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) sejak tanggal 16 April 2018. Total anggaran dana desa tahap satu tersebut sebesar Rp22.299.749.400. (abd)