Panglima TNI Soroti Jalan Tikus di Perbatasan

Kubu Raya

Editor Andrie P Putra Dibaca : 284

Panglima TNI Soroti Jalan Tikus di Perbatasan
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Lanud Supadio. (SP/Abdul)
KUBU RAYA, SP - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyoroti soal masih banyaknya jalan tikus di daerah perbatasan, baik di Entikong maupun di Aruk, yang kerap dijadikan akses untuk menyelundupkan barang-barang ilegal.

"Yang nenarik di perbatasan itu masih banyak ditemukan jalan tikus," kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat menggelar konferensi pers di Lanud Supado Pontianak, Jumat (27/4) sore.

Hal itu disampaikan Hadi pasca dia bersama Kapolri, Jenderal Tito Karnavian dan Ketua DPD RI Oesman Sapta meninjau perbatasan Aruk dan Entikong, Jumat siang.

Menurut Hadi, untuk mengawasi dan mencegah terjadinya praktik penyelundupan barang-barang ilegal melalui jalan-jalan tikus perbatasan tersebut, maka diperlukan sinergisitas antara aparat TNI, Polri dan Dirjen Bea dan Cukai. 

"Nantinya TNI, Polri, dan Bea Cukai akan bekerja sama untuk bisa menghalau, mendeteksi, dan akan terus berupaya untuk menghambat adanya penyelundupan. Tentunya hal ini bisa di cegah dengan koordinasi," katanya.

Secara rinci, Hadi mengatakan, Kunjunganya ke perbatasan Kalbar-Malaysia, juga untuk melihat secara langsung kondisi prajurit TNI yang bertugas di perbatasan, sekaligus memastikan kondisi patok wilayah perbatasan. (abd)