Muda-Jiwo Ajak Masyarakat Awasi Proses Pilkada

Kubu Raya

Editor K Balasa Dibaca : 236

Muda-Jiwo Ajak Masyarakat Awasi Proses Pilkada
Cabup Kubu Raya, Muda Mahendrawan. (SP/Jaka)
KUBU RAYA, SP - Mendekati pelaksanaan Pilkada sererntak 2018, berbagai kecurangan sangat dimungkinkan terjadi. Untuk itu Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan dan Sujiwo  mengajak masyarakat dan pihak lainnya untuk mengawal dan mengawasi proses pesta demokrasi di Kubu Raya.

Muda Mahendrawan mengatakan, Kabupaten Kubu Raya akan melaksanakan Pilkada untuk yang ketiga kalinya, tentunya banyak pembelajaran yang sudah menjadi pengalaman masyarakat. Dia mengajak masyarakat agar lebih tenang dan menjaga situasi agar tetap kondusif.

"Setiap Pilkada, sebetulnya masyarakat sudah menentukan pilihannya dari jauh-jauh hari, untuk itu masyarakat hanya tinggal menjaga, jangan sampai ada hal-hal yang dapat membuka peluang terjadinya sesuatu yang dapat merusak persatuan," kata Muda saat menggelar silaturahmi ke Desa Mekar Sari, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya Rabu (9/5).

Muda juga mengingatkan kepada masyarakat, untuk tidak mudah terpancing dengan berbagai isu yang dapat merusak persatuan, terutama isu SARA. Karena pada dasarnya dalam melakukan  pembangunan juga tidak ada membeda-membedakan SARA.

Selain itu, ia juga mengingatkankan kepada seluruh relawan, baik itu relawan Muda-Jiwo maupun relawan dari kandidat lainnya, untuk bertarung secara fair, sportif dan elegan serta   menyampaikan sesuatu yang faktual. 

"Jangan hanya menyampaikan informasi  yang tidak benar dan tidak bertanggung jawab. Isu-isu itu jangan sampai menjadi konsumsi yang justru mengganggu pikiran masyarakat," tuturnya.

Menurut Muda, kecurangan dalam Pilkada itu bermacam ragam, mulai dari menyebarkan informasi yang tidak benar, menyebar fitnah, money politic, transaksional dan lain sebagainya. Untuk itu perlu adanya  tindakan yang tegas terhadap berbagai macam praktik kecurangan Pilkada ini. 

"Undang-undang sudah jelas, siapapun yang melakukan kecurangan politik mesti ditindak," katanya. 

Calon Bupati Kubu Raya, Sujiwo menuturkan pasangan Muda-Jiwo telah berkomitmen bersama-sama dengan masyarakat Kubu Raya untuk mewujudkan Pilkada yang bersih dari segala hal yang dapat merusak jalannya Pilkada di Kubu Raya.

"Mesti bebas dari kecurangan,  money politic, intimidasi maupun bebas dari kecurangan lainnya," ujar Sujiwo. 

Sujiwo meminta kepada seluruh penyelanggara Pilkada terutama Panwaslu untuk tetap netral, tidak memihak kepada paslon manapun. Karena Pilkada bersih dan damai terwujud bukan hanya dari paslon dan pendukungnya, namun yang terpenting adalah dari penyelenggara itu sendiri. 

"Masyarakat bersama dengan penyelenggara Pemilu, dan aparat penegak hukum harus proaktif untuk sama-sama mengawasi Pilkada ini dengan sebaik-baiknya, dan jika masyarakat menemukan kecurangan jangan segan-segan melaporkan, kita akan kawal bersama-sama," pungkas Sujiwo. (jek)