Dewan Minta Proses PSB Diawasi

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 382

Dewan Minta Proses PSB Diawasi
MENDATANGI - Sejumlah warga mendatangi SMP 1 Sungai Raya, lantaran ratusan anak mereka yang notabene tinggal di sekitar sekolah itu tidak diterima. Ketua Komisi IV DPRD Kubu Raya, Yuslanik meminta proses Penerimaan Siswa Baru (PSB) disetiap sekolah di
KUBU RAYA, SP - Tidak lama sekolah akan memasuki tahun ajaran baru, Ketua Komisi IV DPRD Kubu Raya, Yuslanik meminta, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kubu Raya serta masyarakat  untuk melakukan pengawasan saat proses Penerimaan Siswa Baru (PSB) disetiap sekolah di Kabupaten Kubu Raya.

"Jangan sampai saat proses penerimaan siswa baru, terjadi pungutan diluar dari ketentuan yang berlaku," ujar Yuslanik di Sungai Raya, Kamis (9/5).

Yuslanik menegaskan, hingga saat ini pihaknya masih mendapatkan laporan adanya pihak-pihak yang masih melakukan pungutan diluar ketentuaan saat proses penerimaan siswa baru.

"Kami minta semua pihak bisa melakukan pengawasan secara bersama-sama, agar hal ini tidak terjadi lagi," tegasnya.

Pihaknya kata dia, juga akan berupaya mengawasi sehingga baik pungutan maupun proses penerimaan siswa baru melalui jalur belakang dan sejenisnya juga tidak terjadi.

"Perlu ketegasan dari penyelenggara, terutama dinas pendidikan. Jika kita tidak membuka ruang kecurangan proses penerimaan siswa baru ini, maka saya yakin hal-hal seperti itu juga tidak akan terjadi," tuturnya.

Selain dari itu, Yuslanik juga menghimbau kepada seluruh wali siswa yang ingin memasukkan anaknya disuatu sekolah, untuk melalui proses yang dibenarkan dan telah ditetapkan oleh sekolah sesuai aturan yang berlak,  seperti melalui jalur tes.

"Orang tua atau wali siswa jangan mudah terpancing dengan oknum-oknum yang menawarkan bisa memasukkan ke suatu sekolah. Namun intinya sekolah itu tidak diperkenankan melakukan hal-hal diluar ketentuan yang berlaku" pungkasnya.(jek)