Tangkal Terorisme, Pemkab KKR-Polresta Pontianak Gelar Rakor Lintas Agama 

Kubu Raya

Editor Andrie P Putra Dibaca : 215

Tangkal Terorisme, Pemkab KKR-Polresta Pontianak Gelar Rakor Lintas Agama 
Rakor lintas sektoral Polresta Pontianak dan Pemkab KKR. (SP/Abdul)
KUBU RAYA, SP - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali berasama Kapolresta Pontianak, AKBP Wawan Kristiyanto gelar rapat koordinasi lintas agama dalam rangka menangkal ancaman teror. Rapat koordinasi berlangsung di ruang Rapat Kantor Bupati, Rabu (16/5). 

Dalam rapat koordinasi tersebut, turut dihadiri perwakilan Kodim 1207/BS, MUI Kubu Raya, Zamroni, Ketu DPRD Kubu Raya, Bambang Ganevo, dan Sekretaris FKUB Kubu Raya, Ahmad Fatoni.


Rusman Ali pun mengatakan pelaku aksi teror yang membunuh manusia adalah ajaran yang sesat. Keyakinannya tentang beragama keliru.

"Sampai detik ini saya tidak tahu apa tujuan puncaknya," kata Rusman Ali. 

Oleh sebab itu, dia meminta Kapolresta Pontianak menjelaskan secara rinci apa tujuan aksi teror yang beberapa hari ini membuat keamanan masyarakat terancam. Hal itu penting, supaya, semua pihak bisa mengetahui, dan bisa melakukan upaya pencegahan doktrinisaai radikalisme secara dini.

Kapolresta Pontianak  AKBP Wawan Kristiyanto mengatakan, situasi teroris yang berkembang di wilayah Indonesia adalah kelompok JAD di bawah pimpinan Aman Abudurrahman dan kelompok JAT di bawah pimpinan Abubakar Ba'asir. 

Kedua keloompok ini sudah di baiat dan berafiliasi ke ISIS. penyerangan yang terjadi di Polda Riau hari ini diduga dari kelompok-kelompok tersebut. 

Dengan kejadian itu, Kapolres mengajak semua elemen bersatu memerangi radikalisme. Selain itu, dia pun meminta semua pihak meningkatkan kewaspadaan.

"Kita harus bersama-sama memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mewaspadai doktrin-doktrin radikal. Karena doktrin radikal ini sangat berbahaya," ujarnya. 

"Kita harus melakukan perlawanan teroris dengan cara kita masing-masing. Jaringan Pemda kita harapkan bersinergi dengan Babinsa dan Kamtibmas untuk menangkal radikalisme ini," imbaunya. (abd)