Disnakertrans Kubu Raya Awasi 60 Orang Asing

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 137

Disnakertrans Kubu Raya Awasi 60 Orang Asing
Ilustrasi. (Net)
KUBU RAYA, SP - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)  Kubu Raya terus melakukan penawasan secara intensif terhadap 60 orangTenaga  Kerja Asing (TKA) yang bekerja di Kubu Raya.  TKA tersebut bekerja di 19 perusahaan swasta.
 
Kepala  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kubu Raya, Agus Suparmanto memastikan, ke 60 TKA yang bekerja di Kubu Raya ini memiliki dokumen resmi.

 "Mereka tidak ada yang ilegal. Semua dokumen mereka yang kami data, jelas dan resmi," kata Agus, Rabu (23/5) lalu. 

Agus menuturkan, meski 60 TKA itu terdata secara resmi, tetapi Disnakertrans Kubu Raya tetap melakukan pengawasan ketat selama mereka bekerja di Kubu Raya.

 "Kami tetap monitor mereka,"ujarnya. 

Agus mengungkapkan, rata-rata WNA yang bekerja di Kubu Raya ini berasal dari negara Thailand dan Cina. Mereka merupakan tenaga kerja profesional di bidang teknisi.  

"Paling banyak mereka bekerja di PT Cipta Rubber, perusahaan karet di Sungai Ambawang. Ada  20 orang TKA yang bekerja di perushaan tersebut. Selebihnya mereka bekerja di perusahaan sawit," jelasnya. 

Menurutnya, TKA yang bekerja di perusahaan swasta di Kubu Raya dikontrak langsung oleh pihak perusahaan. Perusahaan yang melakukan perekrutan TKA wajib melaporkan ke Disnakertrans. 

"Perushaan wajib melapor ke kita. Ini merupakan salahsatu cara melakukan pengawasa TKA secara terpadu. Kalau pun perusahaan yang mempekerjakan mereka, maka juga harus ada pendampingan," pungkasnya. (abd/jek)