Pastikan Arus Mudik Aman, Kapolda Pantau Bandara Supadio

Kubu Raya

Editor Indra W Dibaca : 153

Pastikan Arus Mudik Aman, Kapolda Pantau Bandara Supadio
K?apolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono berbicara dengan penumpang pesawat. (AP/Rah)
KUBU RAYA, SP - Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan pemeriksaan kesiapan Bandara Internasional Supadio, Kubu Raya, dalam menghadapi arus mudik penumpang, Senin (11/6).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda bersama jajarannya mendapat pemaparan dari para petugas bandara maupun pihak maskapai terkait kesiapan menghadapi arus mudik penumpang pesawat.

Setelah mendapat laporan, Kapolda kemudian berkeliling bandara untuk mengecek langsung kesiapan di lapangan, mulai dari mewawancara penumpang hingga petugas bandara.

Usai melaksanakan pemantauan, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk menindaklanjuti hasil rapat koordinasi lintas sektoral yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, dengan tujuan memberikan keamanan, kenyamanan kepada warga masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran.

Selain itu, dirinya bersama jajaran hadir untuk melihat kesiapan bandara Supadio, mulai dari keterpaduan 19 instansi yang menangani mudik lebaran yang dilakukan masyarakat di Kalbar, baik yang datang ke Kalbar, maupun yang berangkat dari Kalbar ke kampung masing-masing.

“Itu sudah terakomodir semua dari 19 instansi,” tuturnya.

Selain itu, untuk tarif tiket menurutnya di Bandara Supadio telah mempedomani apa yang diatur oleh Peraturan Menteri Perhubungan.

Dia mengatakan bahwa masing-masing maskapai telah menyampaikan kepada pihaknya harga batas rendah dan harga batas atas tiket.

“Kemudian tadi kita liat lagi, kita tinjau sampai ke pin-pin poinnya, kepada warga masyarakat kita tanyakan apakah harga tiket, mereka mengatakan bahwa semuanya sudah sesuai dengan aturan,” ucapnya.

Untuk itu, dia mengatakan bahwa hingga saat ini tidak ada yang perlu untuk dikhawatirkan. Saat ini yang perlu diwaspadai menurutnya yaitu adanya calo tiket.

Kapolda mengimbau kepada para calo untuk tidak bermain dengan penjualan tiket ilegal, karena dapat menimbulkan gejolak.

“Memang tadi kita lihat tadi tidak ada calo lagi di bandara ini,” imbuhnya.

Terkait dengan kemanan bandara, Kapolda mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan tersebut mengindikasikan bahwa aspek keamanan sudah benar-benar terjamin secara terpadu, baik dari internal bandara, maupun dari 19 instansi yang turut serta. (rah)