Tema Debat Pilkada Kubu Raya 2018 Diambil dari RPJPD

Kubu Raya

Editor Indra W Dibaca : 260

Tema Debat Pilkada Kubu Raya 2018 Diambil dari RPJPD
Ilustrasi. (Net)
KUBU RAYA, SP - Komisioner KPU Kubu Raya, Heri mengatakan, debat kandidat calon bupati dan wakil bupati Kubu Raya yang akan digelar pada Rabu (20/6) pukul 10.00 WIB di Hotel Gardenia, mengusung tema 'Open Goverment dalam Mewujudkan Kabupaten Kubu Raya yang Mandiri dan Sejahtera'.

Tema debat tersebut menurutnya diambil berdasarkan rancangan pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Kubu Raya. Diharapkan masing-masing paslon dapat menggali lebih dalam makna dari tama debat kali ini.

"Kita berharap ke depan, meski terjadi pergantian kepemimpinan di Kubu Raya, tetapi program pembangunanj jangka panjang yang diinisiasi oleh pemimpin sebelumnya tetap berlajut," harapnya.

Dia menjelaskan, debat antar paslon bupati dan wakil bupati Kubu Raya nantinya berdurasi hampir dua jam, atau tepatnya satu jam lima puluh menit. Debat tesebut dibagi menjadi enam segmen.

Segemen pertama yakni pemyampaian visi misi dari masing-masing Paslon. Selanjutmya, segmen kedua yaitu pendalaman visi misi oleh masing-masing paslon.

Kemudian, segemen tiga yakni pertanyaan dari tim perumus yang dibacakan oleh moderator, dengan pertanyaan yang berbeda-beda kepada masing-masing paslon yang selanjutnya langsung dijawab oleh masing-masing paslon pula.

Selanjutnya, pada segmen empat yakni penyampaian pertanyaan dari tim perumus kepada masing-masing paslon, dengan pertanyaan yang sama, yang kemudian langsung dijawab oleh masing-masing paslon.

Kemudian segmen lima adalah segmen debat antar calon. Dimana paslon satu dengan paslon yang lain saling melempar pertanyaan, kemudian pertanyaan tersebut langsung dijawab. Setelah dijawab, kemudian paslon yang melemparkan pertanyaan diberikan kesempatan kembali untuk memberikan tanggapan atau sanggahan.

Sementara di segmen enam berisikan closing statement dari masing-masing Paslon.

"Harapan dari debat ini tentu, para paslon bisa mengali rencana program masing paslon. Sehingga masyarakat bisa menilai, mana yang tepat untuk dipilih menjadi pemimpin," katanya.

Dia pun berharap, proses debat kandidat calon bupati dan wakil bupati Kubu Raya tersebut dapat  berjalan baik dan lancar. Masyarakat juga diminta agar menyaksikan proses debat tersebut melalui layar kaya, TV Ruai Kalbar pukul 10.00 WIB. (abd)