Keterbukaan Informasi Publik di Kubu Raya Belum Optimal, KI Kalbar Beri Empat Saran

Kubu Raya

Editor Indra W Dibaca : 268

Keterbukaan Informasi Publik di Kubu Raya Belum Optimal, KI Kalbar Beri Empat Saran
KI Kalbar saat mengelar monitoring dan evaluasi. (SP/Nak)
PONTIANAK, SP - Komisi Informasi (KI) Kalbar menyebut Pemerintah Kabupaten Kubu Raya belum menyajikan dokumen informasi publik secara optimal.

“Pada dasarnya, Kubu Raya sudah memiliki ketersedian perangkat. Sayangnya, SDM-nya yang tidak ada,” ungkap Ketua Komisi Informasi Kalbar, Rospita Vici Paulyn, Rabu (20/6).  

Dikatakan Paulyn, sejak tahun 2016, Komisi Informasi sudah pernah melakukan kunjungan ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Namun, sudah dua tahun berlalu, belum ada peningkatan yang signifikan terhadap keterbukaan informasi.

Kekurangan informasi di Kabupaten Kubu Raya bukan tanpa alasan. Menurut Rospita, yang paling penting harus ada PPID terlebih dahulu. Sebab, layanan informasi ada di PPID. 

Layanan infomasi di kabupaten bergantung SK dari bupati diletakkan di mana. Jika PPID sudah terbentuk, SK bupati juga bisa menunjuk PPID-PPID pembantu yang terletak di dinas-dinas. 

Pengolahan informasi juga harus jelas dikelola oleh siapa, agar tidak terjadi kendala berupa kemacetan informasi.

“Itulah yang menjadi kendala ketika orang meminta informasi, mereka sendiri tidak paham bahwa mereka punya untuk memberikan informasi yang diminta oleh masyarakat,” katanya.

Menanggapi kendala keterbukaan informasi di Kubu Raya, Rospita memiliki beberapa saran. 

“Dari kita lakukan monev kemarin, ada empat hal yang harus mereka siapkan untuk menjadi indikator penilaian kita,” katanya. 

Pertama, harus mengumumkan informasi. Kedua, menyediakan informasi. Ketiga, setiap PPID wajib memiliki layanan informasi, pengajuan permohonan informasi, formulir, dan papan informasi. 

Kemudian keempat, semua kegiatan yang dilakukan oleh bupati, kepala dinas, dan dinas-dinas yang bersangkutan terkait kinerja, wajib didokumentasikan baik secara tertulis maupun berupa foto-foto yang baik. (lha)