Rumah Sakit Daerah Kubu Raya Mulai Dibangun

Kubu Raya

Editor Indra W Dibaca : 370

Rumah Sakit Daerah Kubu Raya Mulai Dibangun
Peletakan batu pertama RSD Kubu Raya. (SP/Abd)
KUBU RAYA, SP - Pembangunan Rumah Sakit Daerah Kubu Raya mulai dilaksanakan dengan ditandai peletakan batu pertama, Jumat (6/7) sore. Peletakan batu pertama tersebut dilalukan langsung oleh Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus, bersama Kepala Dinas Kesehatan, Berli Hamdani dan Penjabat Sekda, Odang Prasetyo. Pembangunan Rumah Sakit Kubu Raya, yang terletak di Rasau Jaya, tak jauh dari Pelabuhan Dikdoyo ini ditargetkan  rampung dalam kurun waktu enam bulan ke depan. 
"Hari ini kita melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit tipe D Kubu Raya. Kita minta pembangunan harus tepat waktu sesuai dengan target," kata Hermanus.

Menurutnya, perencanaan pembangunan RS Kubu Raya adalah perjuangan panjang. Bahkan, sejak 2014 pemerintah Kubu Raya sudah memulai untuk memperjuangkan pembangunan rumah sakit tersebut.

"Puji tuhan, di tahun 2018 ini, Kubu Raya punya peluang untuk bisa membangun rumah sakit sendiri. Oleh karena itu, jangan sia-siakan kesempatan ini. Tidak ada alasan lagi untuk menunda pembangunan. Kontraktor pemenang harus segera melaksanakan pembangunan, supaya bisa slesai sesuai target," pintanya. 

Untuk diketahui, luas lahan RS Kubu Raya tersebut sebesar 6,2 hektare. Status lahan yakni pinjam pakai dari pemerintah Provinsi. Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani mengatakan, sementara ini, lahan yang ada belum sepenuhnya akan di gunakan. 

"Karena kita masih Rumah Sakit tipe D pratama, maka lahan yang akan kita gunakan untuk pembangunan fisik rumah sakit, sekitar 200 meter untuk panjangnya. Kebelakang 35 meter. Rumah sakit ini nantinya juga akan di lengkapi steher menuju sungai. Supaya bisa di akses dari jalur sungai juga," jelasnya.

Lebih lanjut, Berli menjelaskan, kapasitas tempat tidur rawat inap di RS Kubu Raya nantinya bisa menampung sekitar 50 tempat tidur. Untuk pelayanan medis, akan disiapkan empat tenaga dokter spesialis. 

Di antaranya, Spesialis Anak, Spesialis Bidan, Spesialis Bedah dan Spesialis penyakit dalam. "Sarana dan prasarana, kita punya rongsen, USG, kamar operasi, kamar bersalin, ICU dan kamar mayat," jelasnya.

Untuk pembangunan fisik RS Kubu Raya menelan anggaran sebesar Rp20 miliar. Sementara untuk pengadaan alat kesehatan (Alkes) dan sarana penunjang lainnya dianggarkan sebesar Rp18 miliar.

"Total anggaranya Rp38 miliar. Anggaran tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018," pungkasnya. (abd)