Enam Kades Diduga Korupsi Dana Desa, Legislator Minta Inspektorat Teliti

Kubu Raya

Editor Indra W Dibaca : 278

Enam Kades Diduga Korupsi Dana Desa, Legislator Minta Inspektorat Teliti
Ilustrasi. (Net)
KUBU RAYA, SP - Anggota DPRD Kubu Raya, Suharso mendorong inspektorat Kubu Raya melakukan pemeriksaan secara teliti, terhadap enam kepala desa yang dilaporkan melakukan penyimpangan penggunaan ADD. 

"Kalau terindikasi, dan penyebabnya akibat ketidaktahuan, memang perlu kita lakukan pembinaan lebih lanjut. Tetapi kalau ada unsur kesengajaan, maka harus diproses sesuai aturan," kata Harso.

Menurutnya, sistem pemengelolaan keuangan Desa memang perlu pengawasan dan pendampingan secara khusus. Sebab, Sumber Daya Manusia (SDM) di desa sangat minim. Apalagi sudah menyangkut admimistrasi keuangan.

Masih banyak perangkat desa yang tak begitu paham dalam menyusun laporan. Akibat ketidak tauan itu bisa jadi menjadi penyebab persoalan yang mengarah ketemuan. 

Karena itu menurutnya, penanganan laporan indikasi adanya penyimpangan penggunaan dana desa yang menyerat sejumlah kepala desa, harus ditangani secara bijak.

"Jadi, ini kan masih praduga tak bersalah. Maka penting untuk mengetahui pokok permasalahan. Bisa jadi persoalan ini misal karena ketidaktahuan. Dan kalau itu terjadi, maka perlu dilakukan pembinaan supaya bisa menjadi pembelajaran ke depan," pungkasnya. (abd).