Pelaksanaan Imunisasi MR Khusus Warga Muslim di Kubu Raya Ditunda

Kubu Raya

Editor Indra W Dibaca : 89

Pelaksanaan Imunisasi  MR Khusus Warga Muslim di Kubu Raya Ditunda
Ilustrasi. (Net)
KUBU RAYA, SP - Ketua MUI Kabupaten Kubu Raya, Zamroni Hasan mengatakan, dirinya sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya agar sementara menunda pelaksanaan imunisasi Meales dan Rubella (MR) khusus bagi warga muslim.

Penundaan itu kata dia merupakan instruksi dari MUI Pusat dan Kemenkes RI yang sebelumnya telah menyepakati vaksinasi MR ditunda hingga tanggal 8 Agustus 2018.

“Jadi, dari Dinas Kesehatan Kubu Raya juga sudah sepakat menunda imunisasi MR khusus untuk warga muslim sambil menunggu fatwa kehalalan dari MUI. Kalau bagi non muslim, yang tidak terikat dengan halal itu, ya tidak apa. lanjut saja," ungkap Zamroni, Minggu (5/8).

Penjabat Sekda Kubu Raya, Oedag Prasetiyo membenarkan soal kesepakatan Pemda Kubu Raya untuk menunda sementara pemberian vaksinasi MR, khusus warga muslim di Kubu Raya.

"Prinsipnya, penundaan ini kita lakukan sambil menunggu hasil keputusan sertifikat halal MUI," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani menambahkan, meski saat ini kehalalan vaksinasi MR masih bergulir di MUI, tetapi pihaknya tetap melaksananakn kampanye imunisasi MR tersebut.

Saat ini pun, vaksinasi tetap dilaksanakan, tetapi khusus untuk warga non muslim atau pihak-pihak yang tidak mempermasalahkan kehalalan vaksinasi itu sendiri.

“Kami tetap menjalankan kampanye imunisasi MR. Sebab, dari sisi kesehatan, kami berkewajiban melindungi anak-anak dan masyarakat dari bahayanya penyakit Campak dan Rubella. Tentu pelaksanaan imunisasi MR yang kita laksanakan ini, acuannya berdasarkan kebijakan Menkes," pungkasnya. (abd)