Speedboat Karam di Perairan Patok 20, Delapan Penumpang Selamat

Kubu Raya

Editor Indra W Dibaca : 260

Speedboat  Karam di Perairan Patok 20, Delapan Penumpang Selamat
Speedboat yang mengangkut delapan penumpang karam setelah menabrak perahu robin di perairan Kubu, Kamis (16/8). (Ist)
KUBU RAYA, SP - Kecelakaan air kembali terjadi di perairan Kubu. Sebuah speedboat dari arah Rasau Jaya menuju Sungai Pandan, Batu Ampar, karam di daerah Patok 20, Kecamatan Kubu, Kamis (16/8).

Kapolsek Kubu, Iptu Solahudin membenarkan kejadian tersebut. Namun ia belum dapat merinci kronolgi kejadian laka air yang membuat speedboot tersebut tenggelam. Sebab, sampai saat ini anggotanya masih berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

"Anak buah saya belum kembali dari TKP. Speedboat yang tenggelam ini bermesin 40 PK. Berangkat dari Pelabuhan Rasau Jaya menuju Sungai Pandan, Kecamatan Batu Ampar. Tenggelam di daerah patok 20 sebelum Muara Kubu," kata Iptu Solahudin saat dikonfirmasi melalui pesan whatshap, Kamis (16/8) petang.

Solahudin memastikan, peristiwa karamnya speedboat tersebut tak menelan korban jiwa. Semua penumpang berhasil dievakuasi dengan selamat. 

"Tidak ada korban jiwa," ungkapnya.

Informasi yang dihimpun, seedboalt yang karam tersebut bermuatan delapan orang penumpang. Saat melaju di kawasan patok 20, tiba-tiba ada perahu kecil bermesin robin keluar dari anak sungai (parit baru).

Karena jarak terlalu dekat, akhirnya speedboat yang melaju kencang tak bisa menghindari perahu kecil tersebut. Seketika tabrakan pun terjadi.

Dua hari yang lalu, yakni Selasa (14/8), kecelakan air juga terjadi di perairan Kubu. Sebuah Kapal Motor (KM) Selamet Sejahtera yang berlayar dari Pelabuhan Rasau menuju Seponti, karam setelah bertabrakan dengan Kapal Tongkang Sumber Melati 7 yang ditarik oleh Tugboat.

Kapal motor yang tenggelam tersebut membawa penumpang sebanyak 26 orang dan lima orang ABK. Selain itu, ada pula sembilan unit sepeda motor serta sembako yang turut dimuat.

Beruntung, seluruh penumpang KM Selamet Sejahtera yang tenggalam tersebut juga tak menelan korban jiwa. (abd)