Sayembara Design Perancangan Penataan Bundaran Arteri Supadio Masuk Tahap Dua

Kubu Raya

Editor Indra W Dibaca : 246

Sayembara Design Perancangan Penataan Bundaran Arteri Supadio Masuk Tahap Dua
Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus saat melihat beberapa design perancangan penataan Bundaran Arteri Supadio Kabupaten Kubu Raya. (Ist)
KUBU RAYA, SP - Sayembara design perancangan penataan Bundaran Arteri Supadio Kabupaten Kubu Raya hampir rampung. Sebanyak 55 hasil karya peserta telah dikerucutkan dewan juri. 

Selanjutnya, penjurian tahap kedua akan dilaksanakan pada Senin (20/8) untuk memutuskan juara I, II, III, dan dua juara harapan design terbaik hasil sayembara perancangan penataan Bundaran Arteri Supadio Kabupaten Kubu Raya. 

Sekretaris Panitia Sayembara, Muhammad Ridha Alhamdani mengatakan, penjurian tahap akhir ini, lima nominator yang dianggap terbaik diminta melakukan presentasi disign nya secara langsung. 

“Ditahap ini akan ditentukan pemenang oleh dewan juri,” kata Ridha.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kubu Raya, Encep Mulyadi menambahkan, gagasan yang ingin disajikan dalam sayembara berupa penataan lingkungan dan ruang hijau, yang dapat menjadi identitas kawasan dan ruang yang punya kualitas lingkungan yang baik dan manusiawi. 

Penataan kawasan tersebut menurutnya, diharapkan menjadi barometer ruang yang menjelma sebagai ikon baru bagi Kabupaten Kubu Raya kedepan. Dia melanjutkan, hasil design  sayembara akan digunakan sebagai design pra-rencana untuk tahap pengembangan design. 

"Sayembara ini dilaksanakan Pemkab Kubu Raya bekerja sama dengan Ikatan Arsitek Indonesia dan Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia Kalbar,” katanya. 

Ditambahkannya, sayembara design gn perancangan penataan Bundaran Arteri Supadio dimaksudkan untuk menciptakan suasana kompetisi terbuka mengenai ide desain dengan melibatkan partisipasi publik. 

Selain itu, kegiatan sayembara dapat mengajak warga untuk peduli pada nilai kawasan sekitar Bundaran Arteri Supadio. Adapun yang menjadi konsep sayembara yakni menampilkan konsep replika mangrove dan benteng. (abd)