Belum Waktunya Kampanye, Bawaslu Kubu Raya Imbau Bacaleg Bersihkan APK

Kubu Raya

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 115

Belum Waktunya Kampanye, Bawaslu Kubu Raya Imbau Bacaleg Bersihkan APK
TERTIBKAN - Sat Pol PP Kubu Raya saat melakukan penertiban APK Calon Bupati Kubu Raya. Bawaslu Kubu Raya mengimbau kepada seluruh Bacaleg agar segera menertibkan APK nya masing-masing. (Dok SP)
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kubu Raya mengimbau kepada seluruh Bakal Calon Legislatif (Bacaleg)  agar segera menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) nya masing-masing.

SP - Ketua Bawaslu Kubu Raya, Uray Juliansyah mengatakan, imbauan penertiban APK itu tidak hanya disampaikan secara lisan. Tetapi, pihaknya juga sudah menyampaikan surat peringatan tersebut kepada 16 pimpinan partai politik pengusung para Bacaleg tersebut.

Ketentuan penertiban APK tersebut telah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 dan Surat Edaran (SE) Bawaslu RI Nomor 797. Dalam aturan itu, APK tidak boleh mencantumkan lambang parpol, nomor urut parpol, caleg maupun nomor urut caleg.

“Terhadap Caleg yang melanggar aturan ini, maka parpol pengusugnya harus bertanggung jawab," kata Ketua Bawaslu Kubu Raya, Urai Juliansyah saat menggelar konferensi oers di kantor Bawaslu Kubu Raya, Jalan Parit Bugis, Sungai Raya, Rabu (29/8).

Ia menambahkan, pemasangan APK dan kampanye sejatinya harus dilaksanakan sesuai jadwal yang ditetapkan KPU. Menurutnya, jadwal dan tahapan kampanye oleh KPU akan dilakukan setelah tahapan penetapat Daftar Caleg Tetap (DCT).

“Jika masih ada Bacaleg yang memasang APK dan berkampanye diluar jadwal kampanye, maka nantinya bisa mengarah kepada pidana pemilu,” tegasnya.

Divisi Sengketa Pemilu, Ahmad Darwis menambahkan, APK yang sudah dipasang oleh sejumlah bacaleg sudah menyalahi aturan. Sebab, jadwal kampanye belum dibuka oleh KPU.

“Kami saat ini masih bersifat imbauan agar dapat segera diturunkan,” katanya. Darwis berujar, bilamana imbauan tersebu tidak direspon, maka pihaknya akan melayangkan surat peringatan. (abdul halikurrahman/jek)

Komentar