Sampah Cemari Sawah Sungai Raya

Kubu Raya

Editor Angga Haksoro Dibaca : 126

Sampah Cemari Sawah Sungai Raya
Kubu Raya, SP – Sampah menumpuk di pinggiran jalan Gang Cempaka Putih, Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Senin (15/10). Sampah  tersebut berasal dari buangan limbah rumah tangga penduduk sekitar.  

Sampah tersebut menyebabkan area persawahan milik warga dan jalan gang yang dekat dengan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 17 Sungai Raya, menjadi tidak nyaman untuk dilalui.  

Upaya pencegahan dan larangan membuang sampah di area tersebut telah dilakukan oleh para petani. Dari membuat tanda larangan membuang sampah di di area ini, sampai dengan mamasang papan berisi ancaman pidana jika membuang sampah sembarangan namun warga tetap membuang sampah di area tersebut.  

“Sudah sering buat rambu-rambu agar orang tidak buang sampah di sini. Rambu yang isinya ancaman pidana dan daerah yang diawasi CCTV, tapi masih tetap aja tidak mempan. Malah sepanduk (peringatan) sekarang sudah hilang dibuang orang,” kata Parmin petani setempat.  

Aroma tak sedap tercium dari tumpukan sampah ketika melintas di jalan tersebut, terlebih ketika musim hujan seperti sekarang ini. Bau tersebut sangat menggangu penguna jalan sekaligus petani yang sedang menggarap sawah.  

“Terganggu sekali, pas lewat sini tercium bau busuk. Lihat petani juga kasihan sawahnya ikut tecemar oleh sampah,” ujar Syakirin warga setempat.   Para petani berharap, Dinas Kebersihan Kabupaten Kubu Raya memperhatikan masalah ini. Warga juga diminta tidak membuang sampah di area tersebut.  

”Kami berharap agar dibuat pengumuman tidak boleh buang sampah di area ini. Atau buat bank sampah sehingga sampah tidak lagi memenuhi pinggiran jalan dan mencemari sawah kami,” tutupnya. (Ridwan)