Angkutan Sungai, Wacana Transportasi Kubu Raya Masa Depan

Kubu Raya

Editor Angga Haksoro Dibaca : 117

Angkutan Sungai, Wacana Transportasi Kubu Raya Masa Depan
Kepala Dishub Kabupaten Kubu Raya
Kubu Raya, SP – Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya belum berencana menjadikan sarana air sebagai moda transportasi di wilayahnya.  

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kubu Raya, Damhuri mengatakan sementara pihaknya baru menjangkau transportasi jalur darat. Bahkan katanya dari 6 trayek angkutan darat Damri, baru satu trayek yang terealisasi.  

Namun menurut Damhuri, jika dalam perkembangan banyak masyarakat yang membutuhkan transportasi air, pihaknya akan berusaha mengadakan tranportasi tersebut untuk masyarakat.  

“Makanya untuk transportasi sungai, kami masih tahap penjajakan dan observasi daerah mana yang perlu jangkauan transportasi air,” kata Damhuri, Selasa (6/11).   

Damhuri mengatakan, ketiadaan armada transportasi air milik pemerintah yang menyebabkan alternatif transportasi ini belum jalan. Mungkin transportasi air dapat jalan jika ada anggaran melalui dana alokasi khusus yang dibantukan kepada BUMDes untuk mengoperasikan transportasi air.  

“Saat ini kami belum punya transportasi air yang khusus untuk itu. Selama ini kami mengurus trayek dan izin transportasi pihak swasta. Kami menghimbau para pemilik kapal motor untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada penumpang,” jelasnya.   

Pemkab Kubu Raya tidak mengalokasikan anggaran 2019 untuk penyediaan tranportasi air. Kecuali bantuan transportasi yang untuk BUMDes, itupun dari dana pusat.  

Kendati demikian, Dishub sedang merancang ketersediaan tranportasi air di Kabupaten Kubu Raya. Damhuri berharap hal itu dapat terealisasi. “Kami ada menargetkan kapan itu dapat terealisasi. Dimana itu tercantum dan dimasukan dalam RPJMD Kubu Raya,” ujarnya. (iat)