Fasilitas Pasar Induk Sejati, Modern dan Ramah Konsumen

Kubu Raya

Editor Angga Haksoro Dibaca : 80

Fasilitas Pasar Induk Sejati, Modern dan Ramah Konsumen
Kubu Raya, SP - Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kubu Raya, Norasari Aryani mengatakan luas bangunan Pasar Induk Sejati 1.160 meter persegi. Dengan luas halaman 1.440 meter persegi.  

Pasar ini nantinya akan digunakan untuk menampung pedagang dari pasar tumpah sekitar Polda Kalbar. Pasar Induk Sejati terdiri 72 lapak 4 kios. Kios diperuntukan untuk sekretariat, toko sembako, dan kios khusus menjual beras.  

Pasar Sejati nantinya akan beroperasi pukul 05.00 WIB hingga 15.00 WIB. Di pasar ini juga diterapkan pasar tertib ukur dan bebas bahan berbahaya.  

“Halaman nantinya juga akan dimanfaatkan untuk psat jajanan yang dapat digunakan UMKM,” kata Nora.  

Pasar Sejati dilengkapi beberapa fasilitas diantaranya tempat pembuangan sampah, WiFi, pelayanan mobil Bank Kalbar, bak air, layar monitor harga, dan pengawas pasar.  

Nora berharap pasar ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak hanya untuk pedagang tapi juga konsumen yang terlayani dengan baik. Pasar juga diharapkan dapat menyerap lapangan kerja bagi penduduk setempat. “Kami berharap pasar ini bisa jadi pusat wisata kuliner di Kubu Raya,” ucap Nora.  

Peningkatan fasilitas terus digenjot pemerintah Kubu Raya. Kedepan pasar ini akan dilengkapi fasilitas taman bermain anak-anak.  

Sebagai upaya pembinaan pedangang, saat ini Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kubu Raya, sudah membentuk Persatuan Pedagang Pasar Sejati. Dengan pengawas pasar sebagai ketuanya.  

“Pedagang pasar nanti iuran, dan dari iuran itu untuk menjalankan pengelolaan pasar.”   

Kadis Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian juga akan meningkatkan promosi pasar melalui kerja sama dengan berbagai pihak.(din)