Pesan Gubernur untuk Warga Punggur Kecil

Kubu Raya

Editor Angga Haksoro Dibaca : 152

Pesan Gubernur untuk Warga Punggur Kecil
Pontianak, SP - Gubernur Kalimantan Barat menghadiri perayaan tradisi Robo Robo di Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (7/11) sore.  

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Kalbar, Sutarmidji mengingatkan makna yang tersirat dalam tradisi Robo Robo. Menurut Gubernur, Robo Robo bukan acara sembarangan, tapi sudah diperhitungkan matang oleh leluhur. Apalagi sebelum acara dimulai dilakukan doa tola bala.  

“Robo Robo ini berkembang di pusat kerajaan Islam di Kalbar. Kaitan dengan ini saya berkunjung ke sini (Desa Punggur). Robo Robo itu dilakukan menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Itulah hebatnya orang tua kita dulu. Mereka membuat kegiatan yang sebenarnya uuntuk menyambut Maulid Nabi,” ujarnya.  

Sutarmidji juga menegaskan bahwa Robo Robo memiliki pesan kebersamaan dalam keberagaman. Sebab itu dia meminta tradisi ini dijaga jangan sampai punah.  

Bupati terpilih Kubu Raya 2019-2024, Muda Mahendrawan yang juga hadir pada kesempatan tersebut menilai tradisi Robo Robo adalah perekat bermasyarakat. Tradisi ini menjadi peluang besar untuk menjaga keamanan khusunya di Kubu Raya.  

Sementara itu, Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono menilai Kubu Raya termasuk wilayah rawan penyalahgunaan narkotika. Kapolda menilai postif tradisi Robo Robo yang dapat menjadi benteng generasi dari pengaruh hal-hal negatif.  

“Dengan meneruskan budaya leluhur, kita bisa mencegah terjadinya hal-hal yang bisa merugikan terutama dari aspek keamanan,” katanya. (nak/)