Kamis, 19 September 2019


Muda Ajak KTNA Perkuat Pertanian dan Perikanan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 71
Muda Ajak KTNA Perkuat Pertanian dan Perikanan

PIDATO - Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan berpidato saat kegiatan Rembug dan Mimbar Sarasehan KTNA di Sungai Raya, Senin (9/9).

Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Kabupaten Kubu Raya diajak untuk bersama-sama membangun perspektif dalam memperkuat pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan.

Ajakan ini disampaikan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat menghadiri Rembug dan Mimbar Sarasehan KTNA di Sungai Raya, Senin (9/9).

"KTNA merupakan bagian terpenting dalam upaya memperkuat pertanian dalam arti luas dan memandirikan rumah tangga petani. Untuk itu, saya mengajak KTNA bersama-sama membangun perspektif untuk menjadikan pertanian, perikanan, peternakan, dan perkebunan sebagai basis ekonomi masyarakat di Kubu Raya," kata Muda.

Menurutnya, sebagai garda terdepan dalam keberhasilan program pertanian, peran KTNA Kabupaten Kubu Raya sangat menentukan dalam menyukseskan program ketahanan pangan di daerah ini.

"Untuk itu dengan usia Kubu Raya yang sudah berjalan selama 12 tahun ini, saya kira kita semua memahami bahwa Kubu Raya ini merupakan daerah penyanggah pertanian, mempunyai peluang untuk menjadi daerah produk hasil pertanian yang punya peran penting bagi Kalimantan Barat," tuturnya.

Muda menegaskan kepada seluruh pengurus KTNA untuk terus berupaya melakukan revitalisasi, reorientasi dan melakukan penataan-penataan yang bisa langsung mendarat kepada problem dan solusi.

"Untuk itu dengan peran KTNA yang sangat strategis ini, mengingat Kubu Raya yang memiliki tiga akses yakni udara, darat dan sungai, tentunya hal ini diperlukan konsolidasi dalam perspektif yang lebih luas dan kondisi ini hendaknya dijadikan peluang yang besar dalam menyukseskan program ketahanan pangan di daerah ini," katanya.

Dia juga mengatakan, dalam upaya untuk memperkuat dan mempertahankan sektor pertanian dan pengolahannya nantinya, diperlukan peran maksimal dari pengurus KTNA di masing-masing Kecamatan, sehingga hal ini bisa menjadi sektor andalan dan benar-benar bisa berjalan maksimal.

Saat ini pemerintah daerah sudah melakukan pendataan terkait kawasan pangan, holtikultura, peternakan dan perikanan sehingga kawasan ini ke depan bisa menjadi upaya untuk Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

Selain itu, Pemerintah Daerah juga sedang melakukan upaya untuk mendorong agar dari hulu sampai hilir itu benar-benar dapat terkawal dengan baik, bahkan pasar digital pun sudah menjadi tuntutan bagi semuanya.

"Melalui kegiatan ini, saya berharap masing-masing KTNA bisa bersama-sama berembug mengambil posisi masing-masing, karena ini merupakan kesempatan bagi kita yang paling tepat menjelang kita meluncurkan program Beras Lokal Kubu Raya pada Januari 2020 mendatang," kata Muda. (ant/bah)