Sabtu, 16 November 2019


Muda Ajak Birokrat Bekerja Melampaui Standar

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 88
Muda Ajak Birokrat Bekerja Melampaui Standar

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan

Aparat birokrasi yang ada di lingkungan pemerintahan hendaknya bisa bekerja lebih dari standar yang ada untuk memacu percepatan pembangunan.

Demikian ajakan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan kepada ASN. 

"Kontribusi terbaik dari birokrat itu dapat dilakukan jika birokrat bekerja lebih dari standar. Lebih dari standar yang dimaksudkan yakni melampaui rutinitas yang biasa dilakukan," kata Muda, belum lama ini.

Menurutnya, semua birokrasi ilmunya sesuai standar dan itu sudah berjalan. Tapi hal yang di luar itu kita semua bisa melakukan untuk upaya percepatan-percepatan.

"Nah, untuk meraih itu perlu pemikiran yang segar dan fokus, harus ada atmosfer lingkungan kerja yang tenang sehingga mampu menjalani semua proses dinamika yang ada," tuturnya.

Muda menyebut tantangan ke depan tidak mudah. Proses alokasi dan penyusunan APBD sedang berlangsung untuk menghadapi Tahun 2020. Terkait hal itu, ia meminta semua pihak memanfaatkan seoptimal mungkin alokasi anggaran yang akan diterima.

"Bahwasanya semua itu tidak ada istilah rebut-rebutan anggaran. Tapi semua ini adalah ditujukan dan diturunkan untuk percepatan kepada masyarakat. Karena kita sedang menjalankan praktik bernegara," katanya.

Birokrasi, sebut Muda, harus menjadi contoh dalam memberikan dampak yang baik kepada masyarakat. Dengan begitu sejarah akan mencatat birokrat sebagai agen perubahan negeri.

"Kata kuncinya perubahan. Kita harus fokus dengan hal-hal yang betul-betul mendarat ke problem-problem di masyarakat," tuturnya.

Muda menyatakan banyak program baru yang telah dan akan dimulai. Karena itu, dia menilai posisi-posisi jabatan tidak menjadi problem sepanjang birokrat bisa menjalaninya dengan baik.

Menurutnya, hasil akan sesuai dan linier dengan kerja keras yang dilakukan bersama tim. Ia mengingatkan, bupati bersama seluruh birokrat adalah pengemban amanah dari masyarakat.

"Maka saya tegaskan, kita semua menjalankan praktik bernegara yang sangat-sangat mulia. Hadapi semua dinamika dengan ketenangan dan langkah-langkah yang memberikan dampak baik," kata Muda. (ant/bah)