Jumat, 06 Desember 2019


Pemkab Usulkan Sejumlah Jalan Kabupaten Jadi Jalan Nasional

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 72
Pemkab Usulkan Sejumlah Jalan Kabupaten Jadi Jalan Nasional

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mengusulkan sejumlah ruas jalan yang ada di Kecamatan Kakap untuk berubah status dari jalan kabupaten menjadi jalan nasional.

Hal ini disampiakan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, kemarin. 

"Karena tidak lama lagi akan dibangun Jembatan Kapuas 3 yang menghubungkan antara Desa Sungai Rengas dengan Kecamatan Jungkat di Kabupaten Mempawah, otomatis harus ada peningkatan status jalan,” kata Muda.

“Makanya ini akan kita usulkan beberapa ruas jalan di Kecamatan Sungai Kakap, termasuk Desa Sungai Rengas, untuk ditingkatkan statusnya menjadi jalan nasional," sambung Muda. 

Dia mengatakan, untuk rencana pengajuan perubahan status jalan ini juga sudah disampaikannya kepada Komisi V DPR RI saat melakukan kunjungan kerja di Kubu Raya beberapa waktu lalu.

"Dalam kunjungan itu, saya meminta kepada Komisi V DPR RI untuk bisa mengawal berbagai program pembangunan di Kubu Raya. Termasuk pembangunan Jembatan Kapuas 3 dan usulan perubahan status jalan tersebut," tuturnya.

Muda bersyukur karena Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Sutarmidji dan Ria Norsan memberikan tanggapan positif dan skala prioritas untuk pembangunan infrastruktur di Kubu Raya.

"Dengan adanya sinergi antara pemerintah daerah dan pusat, ini tentu bisa mempercepat capaian pembangunan yang telah diprogramkan. Untuk itu, kita harap agar masyarakat Kubu Raya bisa bersama-sama menggiring hal ini agar semuanya bisa berjalan dengan baik seperti apa yang diharapkan bersama," katanya.

Bupati pertama Kubu Raya ini menambahkan, pembangunan Jembatan Kapuas 3 menjadi kebutuhan yang mendesak bagi Kalbar. Karena jika tidak segera dibangun, maka Jembatan Kapuas I yang ada saat ini akan terjadi kemacetan yang parah.

"Kondisi jalan yang ada sekarang tidak cukup kuat dan lebar untuk dilewati kendaraan berat. Makanya, ini harus menjadi jalan nasional karena Jembatan Kapuas 3 juga menjadi tanggung jawab dari pemerintah pusat untuk pembangunan dan pemeliharaannya," kata Muda.

Muda menambahkan, Kecamatan Sungai Kakap merupakan salah satu daerah yang perkembangannya sangat pesat karena kecamatan ini menjadi pengembangan daerah yang sangat diandalkan oleh Pemprov Kalbar.

"Gubernur Kalbar juga sering menyampaikan bahwa Kecamatan Sungai Kakap menjadi kecamatan andalan bagi Kalbar, karena selain sumber pangan yang melimpah, banyak juga potensi lainnya yang bisa dikembangkan," tuturnya. (ant/bah)