Kamis, 30 Januari 2020


Baksos Serentak, Meriahkan Peringatan Hari Juang TNI AD di Lingkungan Kodam XII/Tpr

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 83
Baksos Serentak, Meriahkan Peringatan Hari Juang TNI AD di Lingkungan Kodam XII/Tpr

KHITANAN MASSAL – Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, memantau pelaksanaan Khitanan Massal yang merupakan salah satu kegiatan dalam Bhakti Sosial (Baksos) hari Juang TNI AD di lingkungan Kodam XII/Tpr.

KUBU RAYA, SP - Memeriahkan peringatan Hari Juang TNI AD Tahun 2019, jajaran Kodam XII/Tpr menggelar Bhakti Sosial (Baksos). Kegiatan tersebut digelar serentak oleh satuan-satuan yang ada di bawah Kodam XII/Tpr, Kamis (12/12).

Baksos ini sebagai wujud kecintaan TNI AD kepada Rakyat. Di Pontianak, kegiatan tersebut dipimpin oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, yang dipusatkan di Rumah Sakit Kartika Husada Tk II Kodam XII/Tpr, Jalan Adi Sucipto, Kubu Raya.

Kegiatan ini digelar secara serentak dalam rangka mempererat kebersamaan antara TNI dengan Rakyat. Adapun kegiatan yang dilaksanakan yaitu, Operasi Bibir Sumbing, Khitanan Massal, Donor Darah, dan pembagian kaca mata baca gratis kepada masyarakat.

Dalam sambutannya, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, dengan digelarnya Baksos ini, diharapkan kemanunggalan TNI-Rakyat, khususnya kemanunggalan TNI AD-Rakyat  semakin terjalin dengan baik. Baksos ini juga salah satu bentuk rasa syukur Kodam XII/Tpr, karena telah bekerjasama dengan masyarakat.

“Kodam XII/Tpr juga menyelenggarakan Baksos di Korem 121/Abw Sintang kemudian Korem 102/Pjg Palangkaraya. Sementara di Rasau Jaya dilaksanakan oleh Kodim 1207/BS Pontianak,” kata Pangdam XII/Tpr.

Selain Baksos, Kodam XII/Tpr juga menyelenggarakan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan jambanisasi untuk kebutuhan MCK. Pangdam XII/Tpr menjelaskan, pada peringatan Hari Juang TNI AD, Kodam XII/Tpr banyak berbuat untuk rakyat, karena "TNI AD adalah Kita".

"Kebersamaan antara TNI dan rakyat, tentunya harus selalu dipelihara, dirawat, dijaga, sehingga ada keharmonisan dalam masyarakat. Dengan keharmonisan tersebut, kita ikut menyumbangkan terwujudnya ketahanan wilayah yang tangguh, sehingga diharapkan masyarakat memiliki kemampuan untuk menangkal berbagai ancaman, hambatan, gangguan ataupun tantangan yang ada di wilayah,” papar Mayjen TNI Muhammamd Nur.

Pangdam XII/Tpr berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, bisa mewujudkan kebersamaan antara Kodam dan rakyat di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Dengan kemanunggalan yang erat, maka akan meningkatkan ketangguhan dalam menjaga NKRI.

“Khususnya sekitar Kubu Raya dan Pontianak. Untuk itu, semoga apa yang kita lakukan ini mendapatkan keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa," kata Pangdam. (mul)