Segarnya Es Krim Angi, Lawas Tapi Bikin Puas

Kuliner

Editor Andrie P Putra Dibaca : 342

Segarnya Es Krim Angi, Lawas Tapi Bikin Puas
Aktivitas di es krim Angi, Rabu (11/4). (SP/Mariyadi)
PONTIANAK, SP - Toko es krim Angi yang terletak di Jalan KS Tubun No 8, Kelurahan Akcaya, termasuk es krim tertua di Kota Pontianak. Kiprah es krim ini, dimulai dari berjualan keliling hingga berumur 60 tahun. Es krim tersebut masih eksis di lidah masyarakat Pontianak khusunya.

“Saya melanjutkan dari bapak mertua. Sekitar 60 tahun lebih. Dulu bapak usaha dengan jualan keliling hingga kita buka toko,” ungkap Ani (44 tahun) pemilik es krim Angi saat diwawancara di tokonya, Rabu (11/4).

Ditanya tentang kiat mempertahankan toko, Ani mengatakan bahwa tokonya mempertahankan  dan menu khas tradisional. Menu-menu tersebut merupakan resep yang telah turun temurun sejak dulu.

Salah satunya es krim rasa nangka. Saat musim buah tiba, akan tersedia rasa lain, seperti durian, cempedak, dan alpukat. Dari mempertahankan ciri khas tradisional tersebut, alhasil toko Angi hampir selalu penuh pengunjung terutama pada hari Sabtu dan Minggu. 

“Ciri khas kita memang tradisional sejak dulu. Buah yang kita gunakan memang asli. Jika tidak ada musim buah maka kita tidak gunakan rasa buah buatan. Buah pun kita ambil dari langganan yang biasanya mereka ambil langsung dari petani,” ungkap Ani.

Selain mempertahankan rasa, es krim Angi juga mencoba beberapa terobosan baru dan tidak mengenyampingkan permintaan pasar. Ani juga menambahkan menu-menu es krim lain seperti rasa cokelat, stroberi, dan vanilla. Hal tersebut tidak lain untuk menarik minat warga-warga yang tidak menyukai es krim rasa buah. Beberapa tahun yang lalu tokonya juga berinovasi untuk mengubah gelas es krim menjadi kelapa.

“Pengunjungnya di sini dari kecil, muda, sampai tua. Dari itu, kita juga sediakan menu lain selain rasa buah.” kata Ani.

Terkati omzet sendiri, Ani tidak ingin menyebut angka. Namun, es krim ini eksis karena telah mampu membiayai keluarga dan empat orang karyawan yang bersedia. Ia pun telah merasa cukup dan belum berniat untuk membuka cabang baru.

Rizky (24), satu di antara pelanggan, es krim Angi sangat berbeda dengan es krim lainnya. Selain tempatnya cocok untuk mengajak keluarga, es krim ini juga mempunyai rasa yang khas. Rasa buahnya sangat akrab di lidah.

“Tempatnya bagus untuk mengajak keluarga. Rasanya pun khas. Itu mungkin membuat toko ini bertahan hingga 60 tahun,” ungkap Rizky.

Nama Angi yang dijadikan nama toko es krim ini merupakan nama dari suaminya. Dari nama Angi itulah Kang Song Ciu sebagai owner, membuka toko es krim ini hingga sekarang.
 
Untuk peminat es krim, tidak salah jika mencoba es krim Angi. Harga dari es krim ini sangat terjangkau yakni seharga Rp 25.000. Rasa yang khas dari buah yang segar menjadikan es krim ini masih diminati oleh warga. Usaha yang dijalankan dengan dana pribadi ini masih terus mampu bertahan untuk menambah deretan wisata kuliner Pontianak. (adi)