Mustam - Yordanus Maju Pilkada Landak 2017

Landak

Editor sutan Dibaca : 703

Mustam - Yordanus Maju Pilkada Landak 2017
Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Landak, Mustam (tengah) dan Yordanus (kiri) saat jumpa pers di Rumah Betang, Jalan Sutoyo Pontinak, Jumat (29/7). SUARA PEMRED/UMAR FARUQ
LANDAK, SP - Bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Landak Marsianus Mustam dan Yordanus Sutinus, menyatakan siap maju pada Pilkada Landak 2017 mendatang, melalui jalur perseorangan.

"Dalam kesempatan ini kami ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Landak, kami berdua ingin menyatakan maju menjadi kepala daerah Kabupaten Landak. Kami maju melalui jalur perseorangan," ujar Marsianus Mustam kepada wartawan, di Rumah Betang, Jalan Sutoyo Pontinak, Jumat (29/7) siang.


Mustam mengaku telah mengumpulkan 36 ribu KTP. Dengan jumlah tersebut, sudah memenuhi syarat yang ditentukan oleh KPU.
"Syarat jumlah KTP, 21.800 KTP dari jumlah pemilih. Jumlah DPT (daftar pemilih tetap) di Kabupaten Landak itu 255 ribu pemilih," terangnya.

Dikatakan, dirinya bersama Yordanus akan mendeklarasikan sebagai pasangan calon (Paslon),  sekaligus mendaftar ke KPU pada Agustus 2016.
"Rencananya 10 Agustus, kami akan mendaftarkan diri ke KPU Kabupaten Landak, didampingi pendukung kami," jelasnya.

Mustam menerangkan, alasan dirinya maju menjadi bakal calon bupati Landak,  lantaran terpanggil untuk membangun Kabupaten Landak menjadi lebih baik.

Selain itu, masyarakat yang jauh dari kondisi sejahtera menjadi hal utama keduanya untuk merubah kondisi tersebut.

"Kami orang biasa, anak petani yang terpanggil untuk mencalonkan diri. Ada beberapa alasan, di antaranya masyarakat Landak kebanyakan petani. Kalau dikatakan di Landak itu sejahtera, ternyata di lapangan tidaklah demikian. Yang dikatakan sejahtera itu, masyarakat memang merasakan langsung," lanjutnya.

Menanggapi rumor keduanya maju lantaran hanya sebatas untuk kepentingan lain, Mustam membantah hal tersebut. Menurutnya, ini murni karena adanya dukungan masyarakat.

"Kami bukan boneka. Banyak yang mengatakan majunya kami hanyalah sebagai boneka. Kami maju dari masyarakat kecil mau membangun Landak," ungkapnya.

"Majunya kami ini, hal yang tidak bisa ditawar-tawar oleh siapapun," tegasnya menambahkan.

Yordanus mengatakan, dirinya bersama Mustam berkomitmen membangun Kabupaten Landak. Program utamanya, yakni membangun infrastruktur dasar yaitu sektor pangan, pendidikan dan Kesehatan.


"Kabupaten Landak merupakan daerah pertanian, maka akan kami dorong kemajuan di sektor pertanian, dan infrastruktur dasar lainnya. Tujuan kami berdua sama, yakni ingin membangun daerah Landak," katanya.

Menurut Ketua Tim sukses Marsianus Mustam dan Yordanus Sutinus, Frans Asok, masyarakat Kabupaten Landak saat ini membutuhkan pemimpin yang berkomitmen mensejahterakan masyarakat, terutama masyarakat kecil.


Selain itu, lanjutnya, sebagai kabupaten termiskin dan terendah tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) nya, pasangan Marsianus Mustam dan Yordanus Sutinus adalah pilihan yang tepat.

"Pasangan ini berkomitmen mengubah posisi IPM Landak yang paling terbawah, naik menjadi lebih baik," tuturnya. (umr/bah
/sut)