Jakius: Pendidikan Modal Utama Hadapi MEA

Landak

Editor sutan Dibaca : 639

Jakius: Pendidikan Modal Utama Hadapi MEA
Wakil Ketua MPR RI saat berada di SMAN 1 Ngabang, Kabupaten Landak, Kalbar. (yodi/SP)
LANDAK, SP- Plt Bupati Landak, Jakius Sinyor mengatakan, generasi muda terutama di usia sekolah akan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang menjadi tantangan tersendiri.  Menurutnya, pendidikan menjadi modal utama untuk menghadapi hal tersebut.  

"Pendidikan adalah hal utama, karena indeks prestasi manusia faktor utamanya dari pendidikan, lalu kesehatan dan ekonomi kerakyatan," ujar Jakius.

Ia menegaskan, pendidikan mengemban peran sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, untuk bersaing dengan negara lain. Kalau tidak mampu bersaing dalam MEA, akan semakin ketinggalan.  

Ia pun berharap pendidikan di Kabupaten Landak akan lebih baik lagi.  "Pendidikan adalah hal utama dalam APBD di Kabupaten Landak. IPM di Kabupaten Landak posisi ke 5 dari 14 kabupaten ibu kota, kalau bisa ke depan jadi nomor 1," ujarnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Ngabang, Thomas Edison mengatakan, untuk berkompetisi secara global, Indonesia harus memiliki sumberdaya manusia yang memadai. "Terkait dengan itu, SMAN 1 Ngabang telah berupaya meningkatkan mutu pendidikan sekolah, untuk melakukan perbaikan dan menciptakan sumber daya manusia di Kabupaten Landak," katanya. (sua)