Rabu, 23 Oktober 2019


Vincensius: Cetak Sawah di Landak Akan Terus Dikembangkan

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1002
Vincensius: Cetak Sawah di Landak Akan Terus Dikembangkan

Program Cetak Sawah

NGABANG, SP- Kepala Dinas Pertanian Landak, Vinsensius mengatakan, program cetak sawah di Kota Intan itu masih belum dapat dikatakan sempurna. Pasalnya,  guna mencapai kualitas yang baik, tidak hanya memerlukan land refill,  namun juga adanya pekerjaan irigasi, pematangan lahan dan lain-lain.     

“Semuanya harus saling dukung. Jika hanya salah satu, misalnya hanya land refill, tentu tidak akan berhasil,” katanya.

Menurutnya, pekerjaan program cetak sawah sudah melalui proses mekanisme yang dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi.

"Wajar saja jika dalam pelaksanaan hasil evaluasi ada perbaikan.  Itu sistem administrasi di negara kita. Semuanya sudah kita laksanakan. Pelaksanaan cetak sawah tahun 2016 ini fisiknya tidak ada masalah, sesuai dengan konsel juklak dan juknis,” tuturnya.
 

Vincen menyebutkan pekerjaan utama dalam proses cetak sawah adalah land clearing dan land reffil. Pihaknya juga melakukan pengawasan internal, seperti yang dilakukan inspektorat di pemerintahan kabupaten, provinsi dan pusat. 
“Pekerjaan fisiknya menggunakan manajemen TNI," terangnya.  

Lebih lanjut Vinsen menjelaskan, program cetak sawah adalah untuk mengamankan potensi pertanian daerah. Jika tidak, maka akan terjadi pergeseran potensi, seperti misalnya akan terjadi pembangunan gedung.
 

“Akibatnya akan mengurangi potensi pertanian kita. Cetak sawah ini akan terus kita kembangkan," katanya.
 

Pada program cetak sawah tahun 2016 lalu sudah mencapai seluas 4000 hektar. Hal inipun sesuai dengan target. "Masih ada potensi belasan ribu hektar lagi. Kita ada  peluang kembali tahun 2017 ini. Sekarang ini masih dalam tahap perencanaan," tutupnya.  (dvi/ang)

Baca Juga: 
Edi Kamtono: Shanghai Electric Masih Hitung Anggaran
Distanak: Bantuan Sapi Ternak dari Pemerintah Banyak Dijual 
Pasokan BBM di Kecamatan Air Upas Kosong