7.521 Pemilih di Kabupaten Landak Belum Masuk DPT

Landak

Editor sutan Dibaca : 865

7.521 Pemilih di Kabupaten Landak Belum Masuk DPT
Ilustrasi
NGABANG, SP - Meskipun Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kabupaten Landak sudah ditetapkan 253.759 pemilih, namun  sebanyak 7.521 pemilih belum masuk dalam DPT tersebut.

"Sebanyak 7.521 masyarakat pemilih pada Pilkada Landak tidak terdaftar di DPT Landak. Data pemilih itu tertera di data AC KWK. Jumlahnya memang cukup besar," kata Lomon, Ketua KPU Kabupaten Landak.

Lomon mengungkapkan pihaknya  tetap memperlakukan secara khusus masyarakat pemilih yang tidak terdaftar di DPT tersebut. KPU Landak pun sudah melakukan faktual melalui petugasnya di lapangan.

"Dalam faktual tersebut, kita menyapling dari data 7.521 pemilih  itu. Setiap desa kita minta paling sedikit dua sampling. Dari hasil itu, petugas menemukan pemilih yang tidak terdata itu memang betul-betul merupakan penduduk Landak yang dibuktikan dengan KK dan KTP," ungkapnya.

Ditambahkan Lomon, dari hasil pendataan tersebut, KPU akan menyampaikan data pemilih yang tidak terdata di DPT tersebut kepada Disdukcapil Landak. Nantinya, Disdukcapil bisa mengeluarkan Surat Keterangan (suket) kepada pemilih bersangkutan supaya bisa menggunakan hak pilihnya pada saat hari pencoblosan Pilkada Landak.

Lomon mengucapkan syukur karena dari 7521 masyarakat pemilih yang tidak terdaftar di DPT itu sudah bisa ditangani oleh Disdukcapil Landak.

"Sejak 6 Desember 2015 hingga 6 Januari 2017 lalu, Disdukcapil Landak sudah mengeluarkan sebanyak 472 suket kepada pemilih yang namanya tidak terdaftar di DPT itu," terangnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Landak, Yohanes Meter mengatakan pihaknya diperintahkan untuk membantu KPU dalam rangka memfasilitasi penyelesaian permasalahan yang dihadapi, seperti data masyarakat pemilih.

"Tidak hanya menjelang Pilkada saja kita keluarkan suket itu. Sebelumnyapun memang sudah ada perintah untuk mengeluarkan suket dari Kemendagri," terangnya. (dvi/bob)

Baca Juga:
Puluhan Anggota Satpol PP Sanggau Gelar Razia ASN
Polres Singkawang Buru Perampok Toko Emas
Kuota Haji Indonesia Bertambah