Pengukuhan Pejabat di Landak Dinilai Lambat

Landak

Editor sutan Dibaca : 1211

Pengukuhan Pejabat di Landak Dinilai Lambat
Ilustrasi
NGABANG, SP - Pemkab Landak hingga kini belum melaksanakan pengukuhan para Kepala SKPD,  yang akan mengisi SOPD baru. Padahal, paling lambat pada 5 Januari lalu harus sudah dilakukan.

"Apagi saat ini Bupati Landak dijabat seorang penjabat. Penjabat Bupati tidak boleh mengukuhkan sebelum diberi izin tertulis oleh Mendagri. Selain itu, seharusnya batas waktu paling lambat 5 Januari Eselon II harus sudah selesai. Tapi ini Landak sudah terlambat," kata Cornelis, Gubernur Kalbar.


Gubernur meminta Pemkab Landak,  dalam hal ini Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) untuk segera mengatasi keterlambatan pengukuhan itu.

"Segera lengkapi dokumen-dokumen yang belum lengkap, sehingga bisa segera ke pusat," jelasnya.

Cornelis juga meminta kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bertanggung jawab dalam bekerja.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Landak, Jaya Saputra membenarkan adanya sejumlah dokumen yang belum diserahkan ke Pemprov Kalbar,  terkait pengukuhan Kepala SKPD baru di lingkungan Pemkab Landak.

"Dokumen tersebut yakni daftar nama pejabat yang akan mengisi jabatan di SOPD baru. Dokumen itu belum ditandatangani oleh Pj Bupati Landak," ujar Jaya, dihubungi melalui telepon.


Ia berjanji dokumen tersebut akan segera ditandatangani oleh Pj Bupati Landak secepatnya. Kemudian, barulah dokumen itu kita serahkan ke BKD Kalbar yang akan diserahkan lagi ke pemerintah pusat.

"Selanjutnya, barulah Mendagri mengeluarkan izin tertulis kepada Pj Bupati Landak untuk melakukan pengukuhan. Keterlambatan inipun bukan disengaja, karena kita harus mengikuti prosedur," ungkapnya. (dvi/bob)
 
Baca Juga:
Polres Sekadau Amankan Ratusan Batang Kayu Tanpa Dokumen
Avanza Putih Terjun Bebas ke Sungai Kapuas
JPU Ketapang Tuntut Terdakwa Mashadi 5 Tahun Penjara dan Denda Rp 150 Juta