72 Eks Orang Gila Dikembalikan ke Keluarga

Landak

Editor Kiwi Dibaca : 706

72 Eks Orang Gila Dikembalikan ke Keluarga
ilustrasi
NGABANG, SP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DSPMPD) akan memulangkan 72 orang pasien gangguan jiwa asal Landak.

Saat ini mereka masih berada di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Kalbar di Kota Singkawang. Mereka nantinya akan  dikembalikan kepada pihak keluarganya.

Kepala DSPMPD Landak, Andi Ali menegaskan, penangganan orang yang terkena gangguan jiwa di  Landak bukan mutlak menjadi tanggung jawab dari DSPMPD Landak.
"Kita ada tim gabungan yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Polisi Pamong Praja dan Dinas Sosial. Nah, ketika Pol PP melakukan pengamanan terhadap orang gila tersebut, tentu Dinas Sosial akan melakukan pengecekan apakah orang bersangkutan mengalami gangguan jiwa," ujar Andi Ali, belum lama ini.
Dikatakan, kalau memang orang bersangkutan benar-benar mengalami gangguan jiwa dan merupakan warga Landak, pemerintah mempunyai kewajiban untuk membawa orang tersebut ke RSJ untuk diobati.

"Anggarannyapun berasal dari pemerintah," ucapnya.
Dijadwalkan, pengembalian orang gila asal Landak itu akan dilakukan pada 3 Mei mendatang.
"Sekarang pertanyaan kita, jika kita sudah menangani orang gila, mau kita kemanakan orang gila ini. Saya sudah berpikir, akan kita buatkan rumah singgah. Kami sudah ajukan ke pemerintah pusat," kata mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Landak ini. (dvi/bah)


Komentar