Laporan Keuangan Landak Raih WTP

Landak

Editor Kiwi Dibaca : 659

Laporan Keuangan Landak Raih WTP
PEGANG PIAGAM - Bupati Landak, Karolin Margret Natasa memegang piagam penghargaan atas penilaian laporan keuangan Pemkab Landak tahun 2016 dengan predikat WTP oleh BPK RI Perwakilan Kalbar, Rabu (12/7).
LANDAK, SP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak kembali mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan hasil pemeriksaan keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2016 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Hasil penilaian dari BPK tersebut diterima langsung Bupati Landak, Karolin Margret Natasa bertempat di Kantor BPK RI Perwakilan Kalbar, Rabu (12/7) lalu.

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa mengungkapkan rasa syukurnya atas predikat WTP tersebut. "Kita patut bersyukur atas predikat yang kembali kita peroleh saat ini. Saya kira ini tidak terlepas dari kerjasama seluruh perangkat daerah yang ada di Landak," ujar Karolin.

Diakuinya, memang Pemkab Landak masih banyak menghadapi tantangan yang memerlukan kerjasama dari semua pihak. "Kunci dalam memenuhi kriteria dari pelaporan keuangan daerah adalah adanya tindaklanjut dari hasil temuan-temuan pihak BPK. Jika ditemukan sesuatu, kita harus segera tindaklanjuti. Hal tersebut tidak selalu berkaitan dengan salah atau benar, tapi mungkin datanya kurang lengkap. Kemudian ada keraguan, hingga kesalahan pencatatan,” kata Karolin.

Karolin menambahkan, sikap kooperatif terhadap tim pemeriksa merupakan kunci memperoleh pengakuan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. "Kalau seandainya kita diperiksa dan kita tidak mau tau, kemudian data tidak kita lengkapi, maka pemeriksanya juga bingung, apa yang mau diperiksa. Saya kira kuncinya adalah kita harus selalu proaktif dan kompak, karena yang diperiksa adalah seluruh SKPD,” ungkap Karolin. (dvi/bah)