Langganan SP 2

Listrik Padam karena Kabel Induk Putus

Landak

Editor Kiwi Dibaca : 141

Listrik Padam karena Kabel Induk Putus
PUTUS - Kabel tanah di Sanggau terputus sehingga mengganggu suplai dari PLN Sungai Batu ke masyarakat sekitar.
SANGGAU, SP – Putusnya kabel induk bawah tanah akibat alat berat proyek perluasan jalan provinsi di Semboja dan simpang Sei Batu yang sempat membuat pasokan listrik PLN area Sanggau dan sekitarnya terganggu, kini sudah tertangani.    “Saat ini sudah mulai membaik. Kemarin, sudah dua kabel tersambung,” kata Manager PLN Area Sanggau, M Abdul Basyid Nurul Fauzi dihubungi Suara Pemred, Senin (7/8).  

Menurut Basyid, kabel bawah tanah yang terpasang untuk mengevakuasi PLTU ada tiga. Bila dua jalur terganggu maka daya yang bisa dievekuasi hanya 5 MW dari 14 MW yang eksisting. Kondisi itu membuat sistem kelistrikan di Sanggau terganggu, sehingga pemadaman tidak bisa dihindari.
  Namun jika kabel bawah tanah seluruhnya terganggu, ini berarti sistem kelistrikan di Sanggau dan sekitarnya akan mengalami padam total.

  “Untuk perbaikannya relatif lama, karena petugas kami harus menyusur kabel satu persatu untuk mengetahui kabel mana yang putus,” jelas Basyid.  

Sebenarnya, kondisi kelistrikan di Kabupaten Sanggau sudah baik dengan beroperasinya PLTU Sei Batu. Kemudian sistem kelistrikan Sanggau sebagian juga membantu pasokan listrik ke Sekadau dan Balai Karangan.   “Tapi untuk sekarang ini sudah mulai membaik karena dua kabel utama yang putus sudah tersambung,” timpal Basyid.  

Basyid menambahkan, secara umum kronologi kejadian terputusnya kabel utama bawah tanah akibat alat berat itu sudah disampaikan kepada Bupati Sanggau.
  “Terhadap kondisi listrik akhir-akhir ini yang sering padam, kami mohon pengertian masyarakat,” harap Basyid. (jul/bah)