Warga Jawa Mandor Gelar Sedekah Bumi

Landak

Editor Kiwi Dibaca : 153

Warga Jawa Mandor Gelar Sedekah Bumi
SEDEKAH BUMI - Ritual adat sedekah bumi dilaksanakan oleh masyarakat Jawa di Mandor, Sabtu (12/8).
LANDAK, SP - Masyarakat Jawa di Kecamatan Mandor Kabupaten Landak menggelar kegiatan adat sedekah bumi yang berlangsung di kompleks Makam Juang Mandor, Sabtu (12/8). Berbagai kegiatanpun digelar dalam kegiatan itu, seperti kesenian tradisional kuda lumping dan wayang kulit samalam suntuk.  

Wayang kulit mendatangkan dalang dari Klaten Jawa Tengah, Ki Agus Krisbiantoro dan Ilham Listiantoro. Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Paguyuban Jawa Kalimantan Barat (PJKB), H Sadimo Yitno Poerbowo beserta sekretarisnya, anggota DPRD Kabupaten Landak, Lamri, Ketua Paguyuban Jawa Kabupaten Landak (PJKL), Purbono Hadi, para undangan dan ribuan masyarakat.   

Camat Mandor, Rajiman mengatakan, ritual adat sedekah bumi yang dilaksanakan itu merupakan ungkapan rasa syukur masyarakat.   "Di situ masyarakat juga meminta keselamatan dari Yang Maha Kuasa. Kita patut bersyukur karena kita sudah diberikan keselamatan dalam hidup sehari-hari. Makanya kita laksanakan acara sedekah bumi ini sebagai ungkapan rasa syukur kita," ujar Rajiman.  

Sementara Ki Agus Krisbiantoro mengakui, wayang yang dimainkannya itu bukan hanya sekedar main wayang saja.   "Di sini kita berdoa. Apalagi lokasi pertunjukan wayang ini di areal makam juang Mandor. Makanya, kita juga berdoa untuk pejuang yang sudah gugur mendahului kita, " katanya. (dvi/bah)