Program Sejuta Rumah Rambah Landak

Landak

Editor Kiwi Dibaca : 996

Program Sejuta Rumah Rambah Landak
RUMAH – Rumah bertipe 36 dibangun untuk PNS, TNI, Polri dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di sebuah daerah. Tak lama lagi, program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu juga dibangun di Landak.
LANDAK, SP - Kabupaten Landak kecipratan program sejuta rumah dari Pemerintah Pusat. Saat ini, program sejuta rumah di Landak yang terletak di kawasan Ilung Kecamatan itu masih dalam proses penggusuran lahan.    

Camat Ngabang, Yosep mengatakan, Landak mendapat 1.000 rumah dalam program sejuta rumah tersebut.   "Rumah tersebut dibangun di bukit Ilung Kecamatan Ngabang. Rumah tersebut diperuntukkan bagi PNS, TNI/Polri dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),” kata Yosep Senin (14/8).  

Meskipun pembangunannya masih dalam tahap penggusuran lahan seluas 30 hektare, masyarakat sudah mendaftar hampir 400 pendaftar.   Dikatakan, sekitar September nanti akan dimulai pembangunan rumahnya.   "Untuk syarat pengambilan rumah yakni KK dan KTP dengan DP 1 persen dari harga yang akan ditentukan oleh instansi Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Asosiasi Perumahan Rakyat Indonesia (Asperi). Nanti akan dilakukan sosialisasi ke Pemkab Landak," jelas Yosep.   
Yosep memprediksikan kisaran harga rumah tersebut sebesar Rp80 jutaan.   "Kemudian, ada juga beredar isu di masyarakat bahwa ini rumah gratis. Mohan hal ini diperhatikan bagi masyarakat kita jangan mudah percaya. Sebab, ini bukan rumah gratis, tetapi ini merupakan perumahan dengan DP sebesar 1 persen," jelas Yosep.    

Yosep menambahkan, bagi masyarakat yang menginginkan rumah tersebut, bisa mendaftar di Kantor Camat masing-masing di Landak.   "Semua kecamatan disilakan untuk mendata warganya yang ingin mengambil perumahan ini, tanpa calo. Angsurannya sangat rendah yang dimulai dari 10 tahun, 15 tahun dan 20 tahun. Silakan dipilih,” kata Yosep.   Pembangunan 1.000 rumah di Landak akan kita bangun secara bertahap selama dua tahun yakni 2017 dan 2018. Adapun tipe rumah yakni 36 di atas lahan seluas 150 meter persegi.

 "Kita juga akan menyiapkan berbagai fasilitas umum seperti rumah ibadah, lapangan olahraga. Bahkan, tempat rekreasi juga akan kita siapkan. Kebetulan di areal pembangunan seribu rumah itu ada riamnya dan akan kita tata sedemikian rupa," kata Yosep. (dvi/bah)

Komentar