Kartu Indonesia Anak Diluncurkan

Landak

Editor Kiwi Dibaca : 359

Kartu Indonesia Anak Diluncurkan
SERAHKAN KARTU - Bupati Landak, Karolin Margret Natasa menyerahkan secara simbolis Kartu Identitas Anak (KIA) kepada perwakilan anak, Selasa (29/8).
LANDAK, SP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdikcapil) resmi melaunching (meluncurkan) Kartu Identitas Anak (KIA), Selasa (29/8).  

Peluncuran tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis KIA kepada perwakilan empat orang anak oleh Bupati Landak, Karolin Margret Natasa bertempat di kawasan Taman Kota intan Ngabang.   Kegiatan launching dilanjutkan dengan sosialisasi kepada para camat dan kades se Landak di aula Kantor Bupati Landak.  

Karolin mengatakan, KIA tersebut bertujuan untuk mempersiapkan generasi penerus yang sebaik-baiknya.   "Makanya pemerintah melaunchingkan KIA ini. Tidak cukup dengan hanya akte kelahiran, tapi sekarang ada KIA," ujar Karolin.   Dikatakan, KIA tersebut digunakan supaya pemerintah memiliki basis data yang akurat.  

"Dengan demikian perencanaan pembangunan sesuai dengan kebutuhan. Itu sebenarnya tujuannya," kata Karolin.   Selain itu, di balik KIA tersebut ada hak anak dan ada pengakuan negara terhadap anak.  

"Jadi, jangan lalai untuk mengurus KIA. Kalau anak-anak memiliki KIA, berarti anak-anak kita terdaftar sebagai anak Indonesia dan memiliki hak-hak yang harus dipenuhi oleh negara sebagai anak Indonesia. Dengan demikian jangan dianggap remeh kartu kecil ini," pungkasnya. (dvi/bah)

Komentar