Malam Tahun Baru di Landak Kondusif

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 229

Malam Tahun Baru di Landak Kondusif
APEL PENGAMANAN - Jajaran Polres Landak melakukan apel pengamanan sebelum melakukan pengamanan perayaan malam tahun baru di wilayah hukum Polres Landak, Minggu (31/12). (Ist)

Polisi dan TNI Siaga Pengamanan


Kapolsek Mempawah Hulu, Iptu Narko Deantoro
"Kita memberikan imbauan Kamtibmas kepada masyarakat yang sedang melaksanakan kegiatan hiburan menyongsong pergantian tahun di pinggir-pinggir jalan"

LANDAK, SP
- Suasana aman dan kondusif mewarnai malam pergantian tahun di Kabupaten Landak, khususnya di Kota Ngabang, Minggu (31/12) malam. Sejak pukul 18.00 WIB atau setelah Salat Magrib, sejumlah ruas jalan di Kota Ngabang itu dipenuhi masyarakat untuk menikmati malam pergantian tahun. 

Selain itu, seperti sudah menjadi tradisi, setiap malam pergantian tahun, masyarakatpun membuat berbagai macam acara menyongsong tahun baru 2018 itu. Mereka berkumpul bersama sahabat, keluarga dan lain sebagainya. Terlebih cuaca yang cerah menemani masyarakat Kota Ngabang untuk menikmati malam pergantian tahun itu. Padahal sebelumnya hujan sempat membasahi Kota Intan itu. 

Beda halnya dengan pelaksanaan malam pergantian tahun di pendopo rumah dinas Bupati Landak. Tidak ada acara khusus yang digelar Pemkab Landak untuk menyambut malam pergantian tahun itu. Padahal hampir setiap tahun Pemkab Landak merayakan malam tahun baru di Pendopo rumah dinas Bupati Landak.  Meskipun tidak ada acara khusus yang digelar oleh Pemkab Landak, malam pergantian tahun di Kota Ngabang tetap berjalan aman dan kondusif. 

Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari peran anggota TNI/Polri yang selalu siap sedia melakukan pengamanan pelaksanaan malam pergantian tahun itu. Hampir di setiap sudut Kota Ngabang aparat TNI/Polri melakukan pengamanan. 

Pengamanan itupun dibantu juga oleh elemen masyarakat melalui organisasi kemasyarakatan, komunitas dan lain sebagainya. 

Pengamanan tidak hanya dilakukan di Kota Ngabang saja. Di sejumlah kecamatan di Landak juga dilakukan pengamanan yang sama dalam perayaan malam tahun baru itu. Seperti yang dilakukan oleh personel TNI/Polri di Kecamatan Mempawah Hulu. 

Mereka bersinergi bersama masyarakat untuk melakukan pengamanan malam pergantian tahun, khususnya di Ibukota Kecamatan Mempawah Hulu, Karangan. 

Menurut Kapolsek Mempawah Hulu Iptu Narko Deantoro, pengamanan yang dilakukan itu untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminalitas seperti perkelahian dan tindakan kriminal lainnya. 

"Pengamanan yang kita lakukan inipun untuk mengantisipasi adanya kasus kecelakaan lalu lintas di malam pergantian tahun di Kecamatan Mempawah Hulu, " ujar Narko, Minggu (31/12).

Dikatakan, Polsek Mempawah Hulu berinisiatif mengajak Danramil 07-Karangan untuk melaksanakan patroli. 

"Kita memberikan imbauan Kamtibmas kepada masyarakat yang sedang melaksanakan kegiatan hiburan menyongsong pergantian tahun di pinggir-pinggir jalan," katanya. 

Mereka juga meminta masyarakat supaya tidak mengkonsumsi minuman keras dan narkoba disaat merayakan malam pergantian tahun tersebut. 

"Apabila kita sudah di bawah pengaruh miras dan narkoba, tentunya akan memicu terjadinya tindak pidana lain, seperti perkelahian, lakalantas dan lain sebagainya. Tapi, syukurlah hingga berakhirnya perayaan malam tahun baru di wilayah hukum Polsek Mempawah Hulu, situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif, " akunya. 

Sebelumnya sudah dilakukan apel kesiapan dalam rangka pengamanan malam tahun baru 2018 dihalaman Mapolres Landak, Minggu (31/12) sore. Apel ini dipimpin langsung Kapolres Landak, AKBP Bowo Gede Imantio. (dvi/bah)