Felisa, Bocah Penderita Penyakit Kulit dari Landak

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 385

Felisa, Bocah Penderita Penyakit Kulit dari Landak
FELISA - Felisa, bocah asal Kecamatan Kuala Behe Landak yang menderita penyakit kulit, dirujuk ke RSUD dr Soedarso Pontianak untuk mendapatkan perawatan intensif. (SP/Devi)

Dirujuk ke RSUD dr Soedarso untuk Perawatan Intensif


Bocah perempuan penderita penyakit kulit, Felisa (6) akhirnya dirujuk ke RSUD dr Soedarso Pontianak untuk mengobati penyakit kulit yang dideritanya, Selasa (16/1). Sebelumnya, keluarga bocah malang itu sempat menduga jika Felisa terkena penyakit kusta.

SP - Kepala Dinas Kesehatan Landak, Nurainy Sitinjak melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Masalah Kesehatan, Sri Wahyuni membantah jika Felisa terkena penyakit kusta. 

"Berdasarkan diagnosa sementara dokter di Puskesmas Kuala Behe dan dokter ahli kulit RSUD Landak, Felisa terkena penyakit Psoriasis atau penyakit kulit. Penyakit itu tidak menular," ujar Sri yang ditemui di kantornya, Rabu (17/1)

Dijelaskan, Felisa yang warga Dusun Entobo, Desa Permit, Kecamatan Kuala Behe Kabupaten Landak sudah menderita penyakit itu sejak tiga tahun lalu. Keluarga bersangkutanpun sudah beberapa kali berobat ke RSUD Landak. 

"Tapi dikarenakan dulunya di RSUD Landak belum memiliki dokter spesialis penyakit kulit, Felisa akhirnya diobati biasa saja. Tapi penyakit yang diderita itu belum kunjung sembuh juga," kata Yuni.

Felisa memang sudah mengikuti program BPJS. Tapi kendalanya biaya orangtua yang menunggu pasien tidak ada. 

"Kebetulan di Pemkab Landak selama tiga tahun berturut-turut ini ada Jamkesda dan pendampingan. Kalau memang ada pasien asal Landak yang benar-benar harus dirujuk ke luar provinsi, Dinas Kesehatan siap memfasilitasinya," terang Yuni.

Yuni mengambil contoh, kalau Felisa harus dirujuk ke rumah sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta, Dinkes Landak siap mengantarkannya. 

"Sebab, Dinas Kesehatan Kabupaten Landak sendiri sudah ada MoU dengan rumah sakit Cipto Mangunkusumo," jelas Yuni.

Yuni menegaskan, begitu mendengar adanya kabar tersebut, Dinas Kesehatan Landak langsung mendatangi RSUD Landak untuk melihat kondisi pasien. 

"Akhirnya, Felisapun dirujuk ke Pontianak. Tim dari Ibu Karolin dan Pak Wakil Bupati juga ada menugaskan orang untuk menunggu pasien di Pontianak. Kita tinggal menunggu keputusan, apakah Felisa mendapat rawat inap, rawat jalan atau harus dirujuk ke rumah sakit luar provinsi," pungkas Yuni. (devi zulkarnain/bah)