Ini Siasat PDAM Landak Hadapi Kekurangan Air di Musim Kemarau

Landak

Editor Andrie P Putra Dibaca : 212

Ini Siasat PDAM Landak Hadapi Kekurangan Air di Musim Kemarau
Direktur PDAM Landak, Gusti Muhardi. (SP/Devi)
NGABANG, SP - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Landak mulai melakukan persiapan untuk menghadapi musim kemarau yang tengah melanda wilayah tersebut.

Direktur PDAM Landak, Gusti Muhardi mengatakan, biasanya sumber air PDAM Landak di Merasak, sejak 15 hari atau 20 hari kemarau mengalami kekurangan debit air.

"Tapi untuk sumber air di Merasak, kita sudah menyiapkan injeksi dari sumber air Setegung. Hanya saja pengaliran air ke rumah pelanggan dilakukan secara bergilir. Sumber air Setegung yang biasanya menyuplai air selama 24 jam setiap harinya, tapi sementara ini pada malam harinya kita perbantukan untuk mendukung penyuplaian air dari Merasak," jelasnya.

Namun demikian ia mengaku, yang menjadi kendala di musim kemarau itu, pola konsumsi masyarakat pelanggan meningkat. Akibatnya, pembagian air tidak merata.

"Oleh karena itu untuk daerah Dusun Tungkul tepatnya di Gang Kapel, kita sedang melakukan blocking area supaya suplai air bisa sampai ke daerah tersebut. Apalagi area Gang Kapel berada di daerah yang tinggi. Makanya penyuplaian air ke daerah itu dilakukan secara bergilir," jelasnya. (dvi)