Pengurus Koperasi Kemauan Diri' Bahas Peremajaan Kebun Sawit

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 126

Pengurus Koperasi Kemauan Diri' Bahas Peremajaan Kebun Sawit
SERAHKAN BERITA ACARA – Kepala Bidang Koperasi Diskumindag Kabupaten Landak, Yohanes Ngalai menyerahkan Berita Acara RAT Pengurus KKD kepada Ketua KKD Ngabang, T Aleng. (SP/Devi)
LANDAK, SP - Untuk kelima kalinya sejak dibentuk tahun 2011, pengurus Koperasi Kemauan Diri' (KKD) Ngabang Kabupaten Landak menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun 2018 di Kantor KKD KM 6 Ngabang, Sabtu (3/3). 

Dari 162 anggota yang ada, RAT dihadiri 90 anggota. Selain itu hadir juga Kepala Bidang (Kabid) Koperasi Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kabupaten Landak, Yohanes Ngalai, perwakilan Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Landak, Frans Cosmas dan Ketua KKD Ngabang, T Aleng. 

Ditemui usai RAT, Aleng menjelaskan, pada pelaksanaan RAT kali ini dibahas mengenai peremajaan atau replanting terhadap kebun kelapa sawit PTPN XIII Ngabang.

"Replanting yang akan kita lakukan ini akan memakai dana pemerintah. Tentunya, kita harus terbuka dan transparan kepada anggota koperasi dan pengurus berkenaan dengan hal ini," ujar Aleng. 

Selain membahas replanting, juga dibahas laporan perkembangan koperasi, terutama yang menyangkut berapa aset petani yang ada di koperasi itu untuk diketahui bersama. 

"Pada pelaksanaan RAT yang sudah lalu, aset berupa uang yang dimiliki anggota koperasi diletakkan di atas meja saat pelaksanaan RAT. Namun, dikarenakan ada saran dari Diskumindag, uang tersebut tidak boleh lagi diletakkan di atas meja saat pelaksanaan RAT. Hanya rekening saja yang kita tampilkan pada pelaksanaan RAT berupa laporan," jelas Aleng.

Ia menegaskan, pengurus KKD Ngabang sudah transparan dan terbuka untuk menginformasikan berapa uang petani atau anggota koperasi yang ada di KKD Ngabang itu.

"Itulah uang petani yang sebenarnya ada di koperasi kita. Kita tidak bisa menambah dan mengurangi jumlah uangnya," tegas Aleng. 

Pada kesempatan itu, diserahkan juga Berita Acara (BA) pelaksanaan RAT dari Diskumindag Landak yang diwakili Kabid Koperasi, Yohanes Ngalai kepada Aleng. (dvi/bah)