Polres Landak Siapkan Personel Gelar Operasi Patuh

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 206

Polres Landak Siapkan Personel Gelar Operasi Patuh
GELAR PASUKAN - Wakapolres Landak Kompol Damianus Dedy Susanto menyematkan pita kepada perwakilan personel Polri yang terlibat dalam Operasi Patuh Kapuas 2018 di Landak, di Halaman Mapolres, kemarin. (Ist)
NGABANG, SP – Polres Landak melakukan upacara gelar pasukan dalam rangka memulai pelaksanaan Operasi Patuh Kapuas 2018, di Halaman Mapolres Landak, kemarin. 

Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung Wakapolres Landak Kompol Damianus Dedy Susanto dengan membacakan amanat Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa.

Apel tersebut dihadiri juga Asisten II Setda Landak, Alessius Asnanda, jajaran Forkopimda Landak, Danyon Armed 16 Ngabang, Kepala Dinas Perhubungan Landak dan instansi terkait lainnya. Sedangkan peserta apel yakni, Polres Landak, TNI, Sat Pol PP, Dishub Landak dan perwakilan klub motor di Landak.

Menurut Wakapolres, Operasi Patuh Kapuas yang dilaksanakan itu dalam rangka mewujudkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam tertib berlalulintas.

"Dalam operasi ini, kita akan mengerahkan personel Polres Landak sebanyak 65 orang. Operasi ini digelar 26 April hingga 9 Mei 2018 mendatang atau selama 14 hari," ujar Damianus.

Diterangkannya, tujuan dilaksanakannya apel gelar pasukan Operasi Patuh itu, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya. Dengan demikian, kegiatan operasi tersebut dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

Sebelum dilaksanakannya Operasi Patuh Kapuas 2018 ini, Polres Landak juga telah melakukan penertiban dan pemeriksaan terhadap kelengkapan surat menyurat dan kelengkapan kendaraan personel Polres Landak sendiri. 

“Sebab, kami tidak mau menertibkan masyarakat kalau di dalam diri kami sendiri masih belum tertib dalam berlalulintas,” katanya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Landak AKP Gandi D Yudanto mengatakan, pada pelaksanaan Operasi Patuh Kapuas 2018 kali ini, ada tujuh poin prioritas yang menjadi sasaran. Ketujuh poin itu meliputi, pengemudi dan penumpang sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, pengemudi mobil dan penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman, melebihi batas kecepatan, berkendara masih di bawah umur, berkendara di bawah pengaruh alkohol atau mabuk, menggunakan handphone saat berkendara dan berkendara melawan arus.

Selain tujuh prioritas tersebut, juga akan melakukan penindakan terhadap pengendara yang melakukan pelanggaran lainnya, baik itu kelengkapan kendaraan maupun kelengkapan surat-surat kendaraan dan pengedaranya. (dvi/ang)