Polres Landak Tingkatkan Layanan Melancarkan Ibadah Warga

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 100

Polres Landak Tingkatkan Layanan Melancarkan Ibadah Warga
ATUR JALAN – Tampak personel kepolisian melakukan pengamanan lalu lintas di salah satu gereja di Landak, kemarin. (Ist)
NGABANG, SP – Guna menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Polres Landak rutin menggelar patroli dan penjagaan di sejumlah tempat yang tergolong objek vital, seperti misalnya rumah ibadah. 

Kabagops Polres Landak Kompol Sriharjanto mengatakan, pengamanan yang dilakukan kepolisian adalah sebagai upaya Polres Landak dalam memberikan pelayanan berbagai kegiatan masyarakat, termasuk pelaksanaan ibadah masyarakat.

"Kita selalu rutinitas melakukan pengamanan bagi umat yang sedang melaksanakan ibadah, baik masjid, gereja dan tempat ibadah umat lainnya. Kita juga memberikan pelayanan pengamanan setiap kegiatan masyarakat. Dengan demikian, kehadiran polisi benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat," ujar Sri.

Dikatakannya, seluruh kapolsek jajaran Polres Landak telah melaporkan kegiatan pengamanan gereja dan masjid di wilayahnya masing-masing.

Menurut dia, kegiatan pengamanan ibadah di Gereja setiap hari Minggu itu sudah menjadi agenda rutin Polres Landak. Pelaksanaannya pun dilakukan oleh anggota yang beragama Muslim. Demikian juga sebaliknya. 

“Hal ini juga sebagai bentuk menjaga dan menumbuh kembangkan toleransi antar umat beragama di samping tujuan utama yakni, memberikan pelayanan berupa pengaturan arus lalu lintas serta antisipasi gangguan keamanan lainnya," ungkap Kabagops.

Pengamanan yang sama juga dilakukan jajaran Polsek Kuala Behe. Mereka melakukan pengamanan umat Kristiani yang sedang melaksanakan ibadah di sejumlah gereja di Kecamatan Kuala Behe.

"Kita meningkatan patroli di sejumlah tempat peribadatan gereja yang ada di wilayah hukum Polsek Kuala Behe, " ujar Kapolsek Kuala Behe Ipda Supardi.

Dikatakannya, pengamanan yang dilakukan anggotanya maupun Bhabinkamtibmas di setiap wilayah binaannya, dalam rangka untuk memberikan rasa aman dan untuk mencegah munculnya hal-hal tidak diinginkan yang mengganggu Kamtibmas.

"Saya berharap kepada masyarakat Kecamatan Kuala Behe, pasca teror bom tersebut, masyarakat termasuk anggota, kita minta tenang dan tidak terpancing kondisi yang terjadi. Mari kita meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing," pintanya. (dvi/ang)