Pemkab Landak Gelar Rakor Program Kampung KB

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 86

Pemkab Landak Gelar Rakor Program Kampung KB
Ilustrasi. (Net)
NGABANG, SP – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Landak yang diwakili Asisten I Setda Landak, Alessius Asnanda, membuka rapat koordinasi (Rakor) Kelompok Kerja Daerah (Districk Working Group) Kampung KB, di Ruang Rapat Wabup Landak, Selasa (22/5). Rakor itu dihadiri para camat se-Landak, pengurus TP PKK Landak dan sejumlah peserta lainnya. 

Dalam arahannya, Alessius mengatakan, Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB), khususnya di Landak, menjadi salah satu inovasi strategis dalam upaya pelaksanaan kegiatan-kegiatan program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh dan terintegrasi dalam program BKKBN maupun lintas sektoral di lini lapangan. 

Menurut dia, guna memberikan kerangka kerja yang terarah serta untuk memastikan langkah-langkah, baik yang dimulai dari pembentukan Kampung KB, pelaksanaan kegiatannya serta dalam memastikan indikator dan target sasaran dapat dicapai, maka perlu adanya mekanisme pengembangan program di 14 Kampung KB di Landak.

Pada kesempatan itu, ia berharap perwakilan BKKBN Kalbar dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Landak dapat melaksanakan program dan kegiatan secara efisien, efektif, akrural dan berkesinambungan. 

"Dengan demikian, akan terlaksana kebijakan pembangunan nasional Pemerintah periode 2015-2019 dan di Kabupaten Landak tahun 2017-2022. Di sinilah pentingnya diadakan kegiatan ini," katanya. 

Dia menambahkan, Kampung KB merupakan salah satu upaya penguatan program KKBPK yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. 

"Hal ini dilakukan dalam rangka memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas," ungkapnya. (dvi/ang)