Polres Landak Siap Amankan Idulfitri, Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 164

Polres Landak Siap Amankan Idulfitri, Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral
RAKOR - Wakapolres Landak Kompol Damianus Dedi Susanto memimpin rapat koordinasi lintas sektoral yang digelar di Ruang BKPM Mapolres Landak, Rabu (6/6). Rapat tersebut membahas pengamanan jalannya Hari Raya Idulfitri dua pekan mendatang. (SP/Devi)
Wakapolres Landak Kompol Damianus Dedi Susanto
“Kita juga dibantu oleh sejumlah instansi terkait di Pemkab Landak dan TNI serta sejumlah unsur yang terlibat,"

NGABANG, SP - Polres Landak menggelar rapat koordinasi (Rakor) lintas sektoral dalam rangka persiapan pengamanan Hari Raya Idulfitri di Balai Kemitraan Polisi dan Masyarakat (BKPM) Polres Landak, Rabu (6/6). 

Rakor yang dipimpin Wakapolres Landak Kompol Damianus Dedi Susanto itu dalam rangka meningkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait guna memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idulfitri di Landak.

Hadir dalam Rakor tersebut, Anggota DPRD Landak Anjiu; sejumlah instansi terkait di lingkungan Pemkab Landak; Forkopimda, para Kasat dan Kabag di lingkungan Polres; para Kapolsek; tokoh masyarakat; tokoh agama; komunitas dan peserta lainnya. Sebelum pelaksanaan Rakor, digelar apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2018 di Halaman Polres Landak.

Ditemui usai memimpin Rakor, Wakapolres Landak Kompol Damianus Dedi Susanto mengatakan, Operasi Ketupat Kapuas tahun 2018 itu sudah dimulai kemarin dengan ditandai pelaksanaan apel gelar pasukan.

"Selanjutnya, kita juga melaksanakan Rakor lintas sektoral. Dalam Rakor itu, semua lintas sektoral yang ada sudah siap mendukung pelaksanaan Operasi Ketupat ini supaya bisa berjalan dengan aman dan tidak terjadi permasalahan, terutama di Kabupaten Landak," ujar Damianus.

Dikatakannya, Landak tetap menjunjung rasa kebhinnekaan dan hidup berdampingan antar agama dan suku. Masing-masing suku dan agama di Landak ini saling menghargai. Oleh karena itu, dalam pengamanan ini dibantu juga dari semua kalangan. 

“Demikian juga pada pelaksanaan Natal dan Imlek lalu di Landak, warga Muslim juga ikut membantu pengamanan. Dengan demikian, keharmonisan antar agama dan suku di Landak ini akan terus terjalin dengan baik," terangnya.

Dijelaskannya, dalam pengamanan Hari Raya Idulfitri di Landak tahun ini, Polres Landak akan menyiapkan tiga pos pelayanan. Pos pelayanan itu ada di kawasan Pasar Kota Ngabang, kawasan Gunung Sehak Pahauman, Kecamatan Sengah Temila dan pos pengamanan di Mandor.

Sedangkan personel Polres Landak yang dilibatkan dalam pengamanan Operasi Ketupat ini sebanyak 60 personel. Namun, dalam pengamanan malam takbiran dan Salat Idul Fitri, semua personel Polres Landak akan kita libatkan. 

“Kita juga dibantu oleh sejumlah instansi terkait di Pemkab Landak dan TNI serta sejumlah unsur yang terlibat," jelasnya. 

Sementara itu, perwakilan Yonarmed 16 Ngabang, Letda Agus mengatakan, pihaknya saat ini rutin melaksanakan patroli rutin ke rumah ibadah.

"Sebelum bulan puasa lalu, kita sudah melaksanakan patroli itu. Tidak hanya rumah ibadah umat Muslim saja yang kita lakukan patroli, tapi juga rumah ibadah umat lainnya kita lakukan patroli," katanya.

Ia juga mengatakan, Yonarmed Ngabang tetap siap membekap pengamanan Hari Raya Idulfitri jika dibutuhkan. "Yang penting, kita harus saling komunikasi," pinta dia.

Anggota DPRD Landak, Anjiu memberikan apresiasinya kepada Polres Landak yang sudah menggelar rakor lintas sektoral dalam rangka pengamanan Hari Raya Idulfitri di Landak.

"Tadi kita sudah mendengar Rakor ini sudah siap untuk memberikan pengamanan terbaik. Kita juga berharap, pelaksanaan Idulfitri dapat berlangsung dengan khusuk dan berjalan baik," harapnya.

Seleksi Peserta Pawai Takbiran

Ketua Pimpinan Cabang Nahdlatul Umah (PCNU) Kabupaten Landak, KH Akhmad Fauzi menyambut baik digelarnya Rakor lintas sektoral dalam rangka pengamanan Hari Raya Idulfitri. Ia berharap, dengan adanya Rakor itu, tentu semua pihak yang terlibat dalam pengamanan bisa saling berkoordinasi.

"Terima kasih kepada Polres Landak yang sudah mengundang kami untuk menghadiri Rakor lintas sektoral ini. Mudah-mudahan pelaksanaan Hari Raya Idulfitri di Landak dapat berjalan aman dan lancar," harapnya.

Hanya saja ia menekankan, dalam pelaksanaan malam takbiran nanti bisa berlangsung aman dan lancar. "Sebab, saya lihat sudah berapa kali dilaksanakan malam takbiran, pelaksanaannya belum begitu khusuk dan belum teratur. Hal ini dikarenakan masih adanya peserta pawai takbiran menggunakan sepeda motor yang mengeluarkan suara bising," ungkap Fauzi.

Oleh karena itu ia berharap, pelaksanaan malam takbiran nantinya bisa berlangsung tertib. Pihak penyelenggara diminta bisa melakukan seleksi terhadap peserta takbiran keliling, terutama sepeda motor. 

“Kalau ada yang menggunakan sepeda motor dengan mengeluarkan suara bising, lebih baik dilarang untuk mengikuti pawai takbiran. Kepada pihak kepolisian juga bisa melakukan langkah-langkah terhadap mereka," pinta dia. (dvi/ang)