KPU Landak Diisi Dua Wajah Baru, Komitmen Sukseskan Pilgub Kalbar 2018

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 239

KPU Landak Diisi Dua Wajah Baru, Komitmen Sukseskan Pilgub Kalbar 2018
Ilustrasi. (Net)
Komisioner KPU Landak Terpilih, Herkulanus Yakobus
"Ini merupakan penghargaan kepada saya. Saya ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait, khususnya KPU RI dan Tim Pansel,"

NGABANG, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia mengeluarkan hasil pengumuman penetapan anggota KPU kabupaten/kota periode 2018-2023 di sejumlah daerah, salah satunya Kabupaten Landak. 

Dalam surat bernomor 588/PP.06-Pu/05/KPU/VI/2018 itu, KPU menetapkan lima dari 10 nama yang mengikuti fit and proper test yang digelar dua pekan lalu di Pontianak.

Lima orang yang akan menjadi komisioner KPU Landak untuk lima tahun mendatang adalah: Reni Yuliati YP Sanyam; Mikael; Herkulanus Yakobus; Lisanto; dan M Tarmizi. Dari lima orang itu, dua orang merupakan wajah baru yakni, Lisanto dan M Tarmizi.

Anggota KPU Landak yang saat ini terpilih kembali, Herkulanus Yakobus mengungkapkan terimakasihnya karena masih dipercaya sebagai calon anggota KPU Landak untuk kedua kalinya.

"Ini merupakan penghargaan kepada saya. Saya ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait, khususnya KPU RI dan Tim Pansel," ujar Yakobus melalui seluler, Senin (18/6).

Ia berjanji akan tetap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, terutama untuk melaksanakan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalbar yang sudah di depan mata.

"Kita sejak dulu sudah melakukan sejumlah tahapan dalam pelaksanaan Pilgub Kalbar di Landak ini. Saat ini pun kita sudah memasuki tahapan pendistribusian logistik Pilgub yang sebentar lagi akan selesai," katanya.

Kepada dua calon anggota KPU Landak yang baru, ia berharap segera menyesuaikan diri supaya bisa bekerjasama untuk menciptakan Pemilu yang berkualitas di Landak.

"Saya yakin keduanya bisa bekerjasama dengan baik untuk menciptakan Pemilu yang berkualitas. Mudah-mudahan pelaksanaan Pilgub Kalbar di Landak bisa berjalan dengan aman dan lancar. Partisipasi pemilih juga diharapkan tinggi di Landak," harapnya.

Sementara itu, dalam surat pengumuman tersebut juga melansir komisioner KPU terpilih dari kabupaten lain di Kalbar. Seperti misalnya KPU Sambas; Singkawang; Kayong Utara; ketapang; Sintang; Sekadau; Melawi; Bengkayang; dan Kapuas Hulu. 

Sebelumnya, Komisioner KPU RI, Viryan Azis menuturkan, pihaknya tetap menerima dan menimbang laporan yang masuk dari masyarakat terkait adanya dugaan calon komisioner yang tidak netral maupun beravaliasi dengan partai politik.

Viryan Azis mengatakan, pada prinsipnya KPU RI memang yang diberikan kewenangan oleh UU merekrut KPU Provinsi dan KPU Kabupaten Kota.

Lalu, dalam merekrut KPU Provinsi dan Kabupaten Kota, KPU membentuk timsel. Timsel sudah diberikan pembekalan yang pada pokoknya bagaimana bisa merekrut calon anggota KPU Provinsi dan Kabupaten Kota yang terbaik.

Terbaik tersebut yaitu berintegritas, punya kepemimpinan, bisa bekerjasama, dan mengerti tentang kepemiluan, hal-hal tersebut diturunkan dalam bentuk seleksi yang bertahap.

Sudah dilakukan tes CAT, tes CAT ini jadi indikator minimal seseorang layak untuk dipilih. Setelah tes CAT dilanjutkan tes psikologi, kemudian wawancara dan kesehatan.

"Dalam konteks tersebut sampai dengan keputusan diambil tiga atau lima KPU membuka diri menerima masukan, masukan tersebut macam-macam mulai dari aspek integritas, aspek independensi, sampai dengan aspek track record atau rekam jejak yang bersangkutan," ungkapnya.

Ia mengatakan, informasi dan laporan yang masuk dari masyarakat akan ditanyakan pada fit and propertest.

Perlu Bimbingan

Sementara itu, salah satu anggota KPU Landak terpilih yang merupakan wajah baru, M Tarmizi juga mengucapkan terimakasihnya kepada pihak terkait yang sudah mempercayai dirinya sebagai calon anggota KPU Landak.

Dia memastikan, saat telah dilantik nanti, dia akan melaksanakan tugas pokok dan fungsi KPU dengan sebaik-baiknya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada.

"Kalau sudah resmi dilantik nanti, tentunya saya akan melaksanakan Tupoksi dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Maka dari itu, dia menilai perlu adanya bimbingan dari anggota KPU Landak yang terpilih lagi. “Sehingga saya bisa melaksanakan tugas dengan baik, " pinta Tarmizi yang juga dihubungi melalui seluler kemarin. (dvi/ang)