Program TNI Bangun Desa Dimulai, Karolin Harap Kesejahteraan Masyarakat Meningkat

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 159

Program TNI Bangun Desa Dimulai, Karolin Harap Kesejahteraan Masyarakat Meningkat
PENYERAHAN SIMBOLIS - Bupati Landak Karolin Margret Natasa menyerahkan secara simbolis alat kerja kepada perwakilan satuan tugas dan masyarakat dalam upacara tanda dimulainya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102, di Halaman Kantor Bupati, S
Bupati Landak Karolin Margret Natasa
“Kegiatan selama 30 hari ini siharap dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di seluruh wilayah sasaran,”

NGABANG, SP - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 tahun 2018 di Kabupaten Landak resmi dimulai dengan upacara pembukaan yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Landak, Selasa (10/7). 

Bertindak selaku inspektur upacara, Bupati Landak Karolin Margret Natasa berharap TMMD dapat bantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan, khususnya kawasan tertinggal dan terisolasi di Landak.

“Kegiatan selama 30 hari ini siharap dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang ada di seluruh wilayah sasaran,” kata Karolin.

Sebagaimana dipahami, program TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan pelbagai unsur seperti TNI, Polri, kementerian, lembaga pemerintah non Kementerian dan pemerintah daerah serta segenap lapisan masyarakat.

Kegiatan TMMD yang dilakukan itu untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan, khususnya kawasan tertinggal dan terisolasi. Kemudian, meningkatkan kelancaran arus transportasi logistik dari kawasan pedesaan, meningkatkan keamanan dan mampu mendorong masyarakat untuk membangun desanya. 

“Program TMMD inipun untuk memantapkan wawasan kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan NKRI," jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan TMMD juga merupakan suatu upaya TNI membantu pemerintah memberdayakan potensi wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta kesadaran membela negara.

Selama ini, Program TMMD memang telah banyak membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Komandan Kodim 1201/Mph Letkol (Arm) Anom Wirassunu menjelaskan, kegiatan Titu dilaksanakan berdasarkan surat telegram Danrem 121/Abw dan program kerja Kodim 1201/Mph tahun anggaran 2017 bidang teritorial.

"Kegiatan TMMD kali ini dipusatkan di Desa Sempatung, Air Besar, Landak, selamat 30 hari yang dimulai 10 Juli hingga 8 Agustus," kata Anom.

Dikatakannya, kegiatan TMMD itu akan mengerahkan kekuatan satu satuan tugas yang terdiri dari TNI sebanyak 135 personel, Polri sebanyak 10 personel, pemerintah daerah lima personel dan tenaga masyarakat pendukung antara 20 orang per hari secara bergiliran.

Dijelaskannya juga, sasaran kegiatan TMMD itu meliputi sasaran fisik dan sasaran non fisik. "Sasaran fisik meliputi rehab atau peningkatan akses jalan, pembangunan jalan rabat beton dan pembangunan jembatan. Sedangkan non fisik meliputi sejumlah kegiatan penyuluhan," terangnya. (dvi/ang)
 
Dukungan Penuh Masyarakat

Kepala Dusun (Kadus) Kuang, Desa Sempatung, Air Besar, Rasul Paulus menyambut baik digelarnya kegiatan TMMD di Desa Sempatung.

"Saya berharap dilaksanakannya TMMD ini dapat membawa dampak yang positif bagi masyarakat setempat. Oleh karena itu, kami masyarakat tetap mendukung kegiatan itu," ujar Rasul.

Menurutnya, prioritas pembangunan utama di Desa Sempatung yakni terbukanya akses jalan yang menghubungkan antar desa di Sempatung. Selain itu juga perbaikan akses jalan yang sudah ada sekarang ini.

"Selain pembangunan akses jalan ini, ada juga sejumlah kegiatan sosialisasi, baik masalah kesehatan, pertanian dan sebagainya," katanya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan TMMD di Desa Sempatung itu, bisa merubah karakteristik masyarakat yang ada di desa tersebut.

"Saya juga berharap kepada masyarakat untuk selalu menjaga dan merawat infrastruktur jalan yang sudah dibangun dalam kegiatan TMMD ini," harapnya. (dvi/ang)