Penderita Thalasemia Kekurangan Dana, Noel Butuh Uluran Tangan

Landak

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 168

Penderita Thalasemia Kekurangan Dana, Noel Butuh Uluran Tangan
BUTUH BANTUAN - Stiven Noel (2) penderita penyakit Thalasemia harus dibawa ke rumah sakit di Jakarta untuk pengobatan. Kedua orangtuanya memohon uluran tangan para dermawan untuk biaya perawatan. (Ist)
Stiven Noel, balita dua tahun asal Kabupaten Landak menderita thalasemia. Sudah 33 kali berobat di rumah sakit daerah, dia disarankan dokter berobat ke Jakarta. Dana jadi kendala. Siapa yang ingin menderma, silakan hubungi orang tua Noel, Sylfia Yulianti Agahya di 0852-4651-9414, atau  transfer uang ke rekening Bank Kalbar dengan nomor 5530027092.

SP - Pasangan suami istri Kirin (50) dan Sylfia Yulianti Agahya (38),  warga Dusun Kelawit, Desa Keranji Mancal, Sengah Temila, Landak, hanya bisa pasrah. Anaknya, Stiven Noel, menderita penyakit thalasemia atau kelainan sel darah. 

“Anak kami sudah 33 kali keluar masuk RSUD Landak untuk mengobati sakitnya,” kata sang ibu, Sylfia Yulianti Agahya, Senin (13/8). 

Selain itu, sudah 42 kantong darah habis untuk tranfusi. Dokter menyarankan anaknya dibawa ke rumah sakit di Jakarta. Namun, keluarga kecil ini terkendala biaya. 

“Memang kami pakai BPJS, tapi kami harus pegang uang untuk keperluan lainnya," ujarnya.

Saat ini saja, untuk keperluan pengobatan, mereka tinggal di rumah kontrakan yang berada di belakang SPBU Ngabang. Tidak sedikit rupiah yang sudah mereka keluarkan untuk kesembuhan sang anak.

Sylfia Yulianti bercerita, anaknya memang susah makan. Jika badannya drop, maka harus dibawa ke rumah sakit untuk transfusi darah.

“Kami sebagai orang tuanya tidak tega melihat kondisi Stiven. Kami berniat untuk berangkat ke Jakarta guna mengobati penyakit yang diderita anak saya ini," katanya.

Dikatakannya lagi, setiap transfusi darah, orang tua Stiven harus mencari darah golongan O. 

"Kalau stok darah golongan O kosong di PMI, kami harus berusaha guna mencari kepada pendonor darah golongan O," katanya.

Ia berharap, ada dermawan yang bisa membantu. "Bisa menghubungi saya di nomor telepon 085246519414 dan rekening Bank Kalbar 5530027092," jelasnya.

Stiven Noel merupakan anak ke empat dari empat bersaudara. Ayahnya, Kirin hanya berprofesi sebagai montir panggilan.

Thalasemia merupakan penyakit kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika dan menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal. Zat besi yang diperoleh tubuh dari makanan digunakan oleh sumsum tulang untuk menghasilkan hemoglobin. Hemoglobin yang terdapat dalam sel darah merah berfungsi mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh anggota tubuh.

Penderita thalasemia memiliki kadar hemoglobin yang rendah. Oleh karena itu, tingkat oksigen dalam tubuh penderita thalasemia juga lebih rendah. (devi zulkarnaen/balasa)