Kabupaten Landak Masih Sepi Kampanye

Landak

Editor Angga Haksoro Dibaca : 236

Kabupaten Landak Masih Sepi Kampanye
Ngabang, SP - Memasuki hari pertama masa kampanye, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat masih terlihat sepi. Belum ada partai politik maupun calon legislatif yang berkampanye. “Mungkin para caleg dan parpol masih melakukan berbagai persiapan dan menyusun strategi,” kata warga Landak, Fransiskus Asang.

Asang meminta kampanye di daerahnya berlangsung damai. Kabupaten Landak dihuni warga dari berbagai etnis yang selama ini hidup damai berdampingan. “Jangan hanya gara-gara pemilu, kita pecah.”

Ditempat terpisah, KPU Kabupaten Landak meminta peserta pemilu melaporkan penerimaan dana kampanye. KPU mengancam akan menjatuhkan sanksi bagi parpol maupun caleg yang melanggar aturan ini.

Sanksi itu dapat berupa pembatalan sebagai calon legislatif, maupun ancaman hukum jika terbukti menerima dan menggunakan sumbangan dana kampanye yang dilarang.

Ketua Harian DPD Partai Golkar Landak, Siyus mengakui, partainya sudah melaporkan penerimaan dana kampanye. Dia mengaku, sementara ini dana kampanye berasal dari uang pribadi para calon anggota legislatif.

“Untuk sumbangan pihak ketiga, saat ini sedang berjalan. Nanti jika ada sumbangan dari pihak ketiga, akan kami laporkan ke KPU. Laporan akhir dana kampanye juga akan kami serahkan tiga hari sebelum pencoblosan. Kami juga sudah membuka nomor rekening,” kata Siyus. (dvi)